07/02/2023 Dinas PUPR Jombang Lakukan Pemeliharaan Jalan di 499 Ruas | Jatim TIMES

Dinas PUPR Jombang Lakukan Pemeliharaan Jalan di 499 Ruas

Apr 16, 2021 13:19
Ruas jalan di Jombang dilakukan perawatan oleh Dinas PUPR Jombang. (Foto : Dokumentasi Dinas PUPR Jombang)
Ruas jalan di Jombang dilakukan perawatan oleh Dinas PUPR Jombang. (Foto : Dokumentasi Dinas PUPR Jombang)

Pewarta: Adi Rosul | Editor: A Yahya

JOMBANGTIMES - Dinas PUPR Kabupaten Jombang mulai melakukan pemeliharaan ruas jalan kabupaten di 21 kecamatan. Sesuai kewenangannya, pemeliharaan akan dilakukan untuk 499 ruas jalan dengan panjang 1.215,18 km.

Kepala Dinas PUPR Jombang Miftahul Ulum mengatakan, sesuai dengan SK Bupati Nomor 188.4.45/197/415.10.10/2015 tentang Penetapan Status Ruas Jalan Sebagai Jalan Kabupaten dan Jalan Desa, maka terdapat 500 ruas jalan sepanjang 1.215,81 km yang menjadi tanggung jawab Dinas PUPR.

Baca Juga : Bahan Petasan Ledakkan Satu Rumah di Jombang, Satu Orang Tewas dan Satu Dirawat

"Sampai dengan saat ini kondisi jalan di Kabupaten Jombang telah mencapai kondisi mantap 76,17% dengan jumlah kerusakan jalan sebanyak 499 ruas dengan panjang 1.215,18 km," terangnya kepada JatimTIMES, Jumat (16/04).

Diterangkan Ulum, dalam penanganan jalan dilakukan dengan melaksanakan kegiatan mulai dari peningkatan jalan, rehabilitasi jalan, pemeliharaan berkala jalan hingga pemeliharaan rutin. Dari keempat kegiatan tersebut, kegiatan pemeliharaan rutin dilakukan secara swakelola oleh Dinas PUPR. Itu berdasarkan Perpres 16 Tahun 2018 Pasal 18.

"swakelola dilaksanakan secara tipe I, yaitu direncanakan, dilaksanakan, dan diawasi oleh perangkat daerah penanggungjawab anggaran. Hal ini dikarenakan Dinas PUPR memiliki peralatan dan sumber daya manusia yang mendukung pelaksanaan swakelola," tandasnya.

Dalam penanganan jalan tersebut, dibentuklah Unit Reaksi Cepat (URC) sebagai wujud respons atas permintaan dan tuntutan masyarakat yang menginginkan jalan-jalan kabupaten dapat dilalui dengan lancar dan tidak membahayakan.

"Penanganan jalan yang dilakukan URC Bina Marga ini diprioritaskan untuk menambal jalan-jalan dengan lubang-lubang yang dalam pada ruas-ruas yang padat lalu lintasnya. Hal ini karena Dinas PUPR sangat mengedepankan keselamatan pengguna jalan agar aman dalam berkendara," terangnya.

Baca Juga : Pasca Gempa, Wisata Goa Tetes Tetap Buka

Selain itu untuk kerusakan-kerusakan jalan yang lain dan perawatan RUMIJA maka Dinas PUPR didukung oleh 2 Unit Pengelola Jalan dan Jembatan, yaitu Unit Pengelola Jalan & Jembatan (UPJJ) Ploso dan UPJJ Mojoagung. Secara kewilayahan UPJJ Ploso dibantu oleh Korwil Jombang untuk menangani kerusakan jalan di wilayah 11 kecamatan  dan UPJJ Mojoagung dibantu Korwil Ngoro untuk menangani kerusakan jalan di wilayah 10 kecamatan.

Kedua UPJJ ini menangani kerusakan jalan dan kegiatan pembersihan bahu jalan yang membutuhkan waktu dalam penanganannya. Biasanya jalan-jalan yang ditangani membutuhkan waktu 3-7 hari dalam penanganannya untuk satu ruas jalan. Hal ini dikarenakan metode pelaksanaan yang dilakukan secara manual.

"Mengingat terbatasnya dana untuk penanganan infrastruktur jalan, maka kegiatan pemeliharaan rutin menjadi garda terdepan untuk melakukan perawatan jalan, namun tidak semua jalan rusak dapat ditangani lewat pemeliharaan rutin. Semua ruas yang ditangani berdasarkan prioritas yang memang perlu ditangani terlebih dahulu," pungkas Ulum.(*)

Judul berita Dinas PUPR Jombang Lakukan Pemeliharaan Jalan di 499 Ruas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
berita jombang Dinas PUPR Kabupaten Jombang

Berita Lainnya