05/02/2023 Dugaan Pungli di DPMPTSP, Inspektorat Bangkalan Minta Bukti Otentik | Jatim TIMES

Dugaan Pungli di DPMPTSP, Inspektorat Bangkalan Minta Bukti Otentik

Apr 08, 2021 18:59
Kantor Inspektorat Kabupaten Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES)
Kantor Inspektorat Kabupaten Bangkalan (Foto: Imam/JatimTIMES)

Pewarta: Imam Faikli | Editor: Yunan Helmy

BANGKALANTIMES - Dugaan adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan  Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bangkalan seperti yang disuarakan massa aksi kemarin mendapat respons dari inspektorat.

Inspektur Kabupaten Bangkalan Joko Supriyono meminta bukti otentik terkait adanya dugaan pungli di lingkungan DPMPTSP atau Dinas Perizinan tersebut. Sebab, jika terbukti adanya pungli, pihaknya mempersilakan melapor ke pihak yang bewenang. 

"Tapi, adanya pungli itu akan terbukti jika ada operasi tangkap tangan (OTT). Kalau tidak ada OTT, mana bisa meyakinkan kita kalau dinas tersebut ada pungli," ujarnya saat ditemui, Kamis (8/4/2021).

Saat ini, inspektorat tidak bisa men-justice bahwa di DPMPTSP ada pungli karena belum ada bukti yang menunjukkan kesana.

Jika memang ada pungli, dia menegaskan, buktikan kepadanya agar pihaknya bisa melakukan pengujian lebih lanjut terhadap DPMPTSP.

Pihak inspektorat masih menunggu perintah dari pimpinannya. Jika memang nanti diperintahkan untuk turun, inspektorat mengaku siap untuk melakukan pemantauan. Namun hingga saat ini ia mengaku belum diberi petunjuk apa-apa dari pimpinannya.

"Yang jelas, kami akan mengambil langkah-langkah untuk menunggu petunjuk dari pimpinan. Entah itu melakukan pemantauan agar menemukan sebuah jawaban terkait adanya dugaan pungli di DPMPTSP," kata Joko.

Ditanya perihal dugaan pungli tersebut, jika benar-benar terjadi di akukan kepala DPMPTSP, Joko menyebutkan akan melaporkannya kepada bupati Bangkalan selaku yang pemangku kebijakan di kabupaten ujung barat Madura ini. "Masalah hukuman kami pasrahkan kepada nupati Bangkalan nanti," pungkas dia.

 

Judul berita Dugaan Pungli di DPMPTSP, Inspektorat Bangkalan Minta Bukti Otentik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
berita bangkalan Dugaan Pungli

Berita Lainnya