03/02/2023 Inovasi Laksma dr. Nalendra Menangani Covid-19 Berganjar Penghargaan dari PWI Jatim | Jatim TIMES

Inovasi Laksma dr. Nalendra Menangani Covid-19 Berganjar Penghargaan dari PWI Jatim

Apr 08, 2021 17:39
dr Nalendra menunjukkan penghargaan yang diberikan oleh PWI Jatim
dr Nalendra menunjukkan penghargaan yang diberikan oleh PWI Jatim

Pewarta: M. Bahrul Marzuki | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

SURABAYATIMES - Pengurus PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Jatim memberikan anugerah PWI Jatim Award 2021 kategori Tokoh Penanganan Covid-19 kepada Laksamana Pertama dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara yang kini menjabat sebagai Penanggungjawab dan Kepala Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya.

Rencananya pemberian PWI Jatim Award 2021 diberikan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 dan HUT ke-75 PWI, saat acara peringatan HPN tahun 2021 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (9/4).

Program PWI Jatim Award ini merupakan kegiatan apresiasi kepada tokoh pemerintahan dan masyarakat, yang selalu dilakukan PWI Jatim di setiap HPN dan HUT PWI. 

Dasar pertimbangan yang mendasari pemberian penghargaan kepada dr Nalendra adalah keberhasilan RSLI Surabaya menekan angka kematian pasien Covid-19 katagori inovatif.

dr Nalendra memiliki konsep 'Be Happy'. Persoalan psikis pasien Covid-19 terus diperhatikan, sejak mereka datang sampai mereka pulang atau setelah dinyatakan sembuh (tes PCR swab negatif). 

Beberapa aktivitas rekreasi mental ini difasilitasi oleh relawan pendamping dari awal sampai mereka pulang. Sampai ada permasalahan di perusahaan dan tempat tinggalnya difasilitasi para relawan.

Di RS Lapangan, dr Nalendra juga menyediakan fasilitas konsultasi psikologis bagi para tenaga kesehatan dan pasien. Untuk hiburan lain, mereka memiliki ruang karaoke, gim, perpustakaan, hingga kafe. Bagi mereka yang punya hobi fotografi, karena tempatnya di taman, mereka bisa mengambil foto di sana. 

Sementara, untuk mengatasi kegelisahan utama pasien yang kehilangan waktu mencari nafkah, dr Nalendra mengumpulkan relawan untuk memberikan donasi bagi keluarga pasien yang nyaris kehilangan nafkah.

Selain itu, diadakan morning report. Isinya, menggali permasalahan yang dihadapi para tenaga kesehatan saat bertugas. Hal tersebut ternyata memberikan 'rekreasi mental' bagi mereka. Beberapa kegiatan yang diikuti pasien mulai dari berjemur pagi, melakukan senam pagi yang dipandu dokter dan juga perawat, serta olahraga lainnya yang diminati pasien.

Dr Nalendra merupakan putra dari Peltu (Purn.) I Dewa Made Pegeg. Salah satu saksi hidup pelaku sejarah pertempuran Laut Arafuru sebagai ABK RI Matjan Kumbang (653), yang bersama-sama RI Matjan Tutul (650) dan RI Harimau (654) bertempur dengan penuh heroik di Laut Arafuru melawan kapal-kapal kombatan dan pesawat tempur dari Kerajaan Hindia Belanda. 

Mendapatkan penghargaan ini Nalendra berterimakasih kepada PWI Jatim yang telah memberikan penghargaan. Dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini menurut dia media mempunyai peranan penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Media juga punya tugas dan bagaimana relawan menyampaikan prokes. Saya benar-benar berterima kasih, dengan capaian kita bisa menurun seperti saat ini. Pekerjaan kita jauh lebih ringan," tuturnya.

Pasien Covid-19 di RS Lapangan Indrapura (RSLI) saat ini sendiri jauh menurun dan hanya menyisakan 40 orang saja. Artinya, hanya mengisi 10 persen dari kapasitas Bed Occupancy Rate (BOR) yang ada.

"Sekarang, kita sungguh luar biasa ya, hanya sisa tidak sampai 10% jumlah pasien yang dibandingkan bulan November 2020 dan awal Februari 2021. Karena, waktu itu rata-rata di atas 300, sekarang rata-rata di bawah 50, kemarin sempat 32 (pasien). Kemarin ada pasien keluarga, sehingga jadi 40," lanjut Nalendra.

Dia menyebut capaian tersebut cukup membanggakan dan luar biasa dari kinerja para nakes beserta pihak terkait dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Karena, kasus yang terjadi cenderung menurun dan angka kematian rendah.

Perwira Tinggi TNI ini juga berterimakasih dan bersyukur lantaran masyarakat benar-benar mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara benar dan ketat. Sehingga, angka yang terkonfirmasi positif Covid-19 bisa terus menurun.

 

 

Judul berita Inovasi Laksma dr. Nalendra Menangani Covid-19 Berganjar Penghargaan dari PWI Jatim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
dr nalendra pwi awards 2021

Berita Lainnya