Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

48 Siswa Putus Sekolah Ikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan di Malang

Penulis : Reynaldi Faturrahman - Editor : Dede Nana

02 - Apr - 2021, 17:14

Placeholder
Suasana Ujian Pendidikan Kesetaraan di PKbm Ash Habul Hidayah, Ciliwung, Malang.

MALANGTIMES - Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ash Habul Hidayah Malang berhasil menyelenggarakan ujian pendidikan kesetaraan (UPK). Ujian ini dilakukan secara bertahap mulai tanggal 22 Maret sampai 6 April 2021. 

PKBM Ash Habul Hidayah merupakan PKBM berakreditasi A yang didirikan Yayasan Ash Habul Hidayah yang menaungi seluruh kegiatan pembelajaran dan keterampilan, mulai dari Kelompok Bermain atau playgroup, Taman Kanak-Kanak (TK), Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C, serta Pendidikan Kecakapan Hidup. 

Baca Juga : Pendataan Keluarga 2021 Mulai Digelar di Kabupaten Ngawi

PKBM yang berlokasi di Jl Ciliwung Airdas 30, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing ini menyelenggarakan UPK melalui mode daring atau online. Ujian yang telah dilaksanakan antara lain, Paket C setara 12 SMA tanggal 22 Maret - 25 Maret 2021 dan Paket B atau setara 9 SMP tanggal 29 Maret 2021 - 1 April 2021. 

Sementara untuk Ujian Paket A atau setara 6 SD akan dilangsungkan pada tanggal 5 - 6 April besok. 

Menurut Arif pengelola Yayasan Ash Habul Hidayah, inilah keunikan anak-anak putus sekolah di PKBM ini. Meskipun mereka sebagian sudah bekerja namun tetap ingin menuntaskan pendidikan dan akhirnya menempuh ujian.

“Pada dasarnya kita memang harus rajin belajar dan tidak boleh ditelan sendiri. Harus dibagikan ke teman-teman yang tidak mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan.” ujar Arif.

Baca Juga : Gerakan Bersama Seluruh Jatim, Kwarcab Pramuka Kota Malang Bersih-Bersih Masjid Jami Jelang Ramadan

Arif juga menambahkan, bahwa dengan kondisi daring ini sedikit menguntungkan berlangsungnya ujian karena ada siswa yang berada di luar kota dan tidak sempat datang ke “sekolah” namun dapat mengikuti ujian Kejar Paket C. 

“Dia tidak sempat datang ke lembaga karena tidak punya ongkos untuk datang ke Malang. Akhirnya tetap mengikuti ujian dengan semangat di rumahnya di Cepu, Jateng,” papar Arif.


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Reynaldi Faturrahman

Editor

Dede Nana