Forum Puspa Berikan Terapi Trauma Healing untuk Anak Paska Banjir dan Tanah Longsor | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Forum Puspa Berikan Terapi Trauma Healing untuk Anak Paska Banjir dan Tanah Longsor

Mar 03, 2021 07:59
Forum Puspa saat melakukan Penyembuhan trauma kepada melakukan Penyembuhan trauma (Trauma Healing) kepada masyarakat terdampak bencana banjir dan tanah longsor, di Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono dan Desa Sawaran Kulon Kecamatan Kedungjajang
Forum Puspa saat melakukan Penyembuhan trauma kepada melakukan Penyembuhan trauma (Trauma Healing) kepada masyarakat terdampak bencana banjir dan tanah longsor, di Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono dan Desa Sawaran Kulon Kecamatan Kedungjajang

LUMAJANGTIMES - Bencana Tanah longsor di Desa Sawaran Lor, Kecamatan Kedungjajang dan musibah banjir yang menenggelamkan Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono pada hari Sabtu  (27/2/2021) lalu, menyisakan kesedihan bagi warga setempat.

Bukan hanya itu, situasi panik yang mencekam ini pun meninggalkan bekas trauma di hati dan pikiran banyak orang termasuk anak-anak. Di tengah situasi tersebut, penting bagi anak-anak mendapat pelayanan pemulihan trauma healing.

Baca Juga : Gazebo Rest Area di Malang Selatan Rusak Parah Diterjang Hujan Campur Angin

Untuk itu, Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kabupaten Lumajang melakukan trauma healing bagi anak-anak korban bencana tanah longsor dan banjir.

Ketua PUSPA Kabupaten Lumajang Rahayu Agus Triyono mengatakan, penyembuhan trauma (trauma healing) merupakan sebuah upaya yang sangat penting untuk diberikan agar korban tetap tenang menghadapi memori kengerian saat terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Sukodono dan Kedungjajang.

"Bencana alam pasti akan menimbulkan rasa trauma pada masyarakat yang terdampak. Akan tetapi, tidak semua korban menyadari jika dirinya sendiri telah mengalami gangguan psikologis tersebut," ujar Rahayu saat melakukan penyembuhan trauma (Trauma Healing) kepada masyarakat terdampak bencana banjir dan tanah longsor, di Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono dan Desa Sawaran Kulon Kecamatan Kedungjajang.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan agar dapat mengembalikan senyum dan keberanian korban pasca terjadi bencana alam, sehingga ke depannya masyarakat terdampak dapat kembali menjalankan aktivitas sehari-hari secara normal.

Baca Juga : Setahun Hadapi Pandemi Covid-19, Ini yang sudah Dilakukan Pemkot Madiun

“Saat terjadi bencana alam, maka kebanyakan korbannya telah mengalami trauma. Tapi, tidak semua dari mereka menyadarinya. Untuk itulah, Forum PUSPA turun ke lokasi terdampak bencana untuk melakukan trauma healing agar dapat menyembuhkan rasa trauma yang dialami korban,” ungkapnya.

Selain memberikan penyembuhan trauma healing, Forum PUSPA Kabupaten Lumajang juga menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat terdampak, seperti selimut, pakaian layak pakai, keperluan bayi, dan logistik, serta masker dan face shield.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bencana Tanah Longsor longsor lumajang

Berita Lainnya