Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Terpengaruh Harga Tiket Pesawat, Hanya Kota Malang yang Alami Deflasi di Jatim

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

01 - Mar - 2021, 19:28

Placeholder
Ilustrasi tiket pesawat (nawacitadotco)

MALANGTIMES - Februari 2021, Kota Malang mengalami deflasi 0,01 persen. Hal ini membuat Kota Malang merupakan satu-satunya kota di Jawa Timur yang tercatat mengalami deflasi pada Februari 2021.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang, Sunaryo menjelaskan, jika hal tersebut dipengaruhi oleh penurunan harga dari bidang transportasi. Dikatakan Sunaryo, jika terjadi penurunan harga, khususnya untuk tiket pesawat sebesar 6,294 persen. 

Baca Juga : Pejabat Utama Rencana Dimutasi, Kapolres Malang Minta Tetap Pertahankan Predikat

"Tiket pesawat yang mengalami penurunan harga turut memberikan andil dalam situasi tersebut. Angkutan udara mengalami penurunan harga sebesar 6,294 persen dengan andil 0,07 persen," jelasnya melalui press release yang digelar secara daring (1/3/2021)

Bukan hanya itu saja, penyumbang deflasi lainnya adalah dari harga daging ayam. Pada Februari ini, komoditi mengalami penurunan harga sekitar 2,07 persen dengan andil deflasi 0,02 persen.

Untuk kelompok lainnya, komoditi tahu mentah turut menyumbang deflasi pada posisi ketiga. Penurunan harga yang terjadi pada komoditas itu, sebesar 4,06 persen. Sehingga, hal itu berimbas pada andil deflasi 0,02 persen.

Di sisi lain, sejumlah komoditas menjadi penyumbang inflasi. Seperti halnya cabai rawit. Kenaikan sebesar 7,44 persen membuat komoditas ini menyumbang inflasi sebesar 0,03 persen.

Baca Juga : Bikin Heboh, Ini Doa bagi Pembuang Sampah ke Sungai di Tulungagung

Kemudian, disusul perihal jasa, yakni kelompok tukang bukan mandor yang ternyata juga turut memberikan sumbangan inflasi di Kota Malang. Dalam komoditas jasa itu, kenaikan terjadi sekitar 1,94 persen, sehingga memberikan andil inflasi 0,02 persen. "Cabai merah juga jadi penyumbang inflasi. Harganya sempat naik 13,44 persen. Andil inflasi 0,01 persen di urutan ketiga," paparnya..

Sementara itu, disampaikannya juga, jika Untuk inflasi tertinggi, diduduki oleh Kota Surabaya sebesar 0,29 persen, sedangkan untuk yang terendah, terdapat Sumenep dengan besaran inflasi 0,02 persen. Kota Malang sendiri, mengalami inflasi pada bulan Januari 2021 dengan inflasi 0,53 persen. 


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya