Komisi I DPRD Trenggalek Ragukan Perencanaan OPD Terkait Refocusing Anggaran Covid | Jatim TIMES

Komisi I DPRD Trenggalek Ragukan Perencanaan OPD Terkait Refocusing Anggaran Covid

Feb 23, 2021 17:15
Husni Tahir Hamid usai gelar rapat evaluasi kegiatan di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). (Foto: Ganez Radisa/TrenggalekTIMES)
Husni Tahir Hamid usai gelar rapat evaluasi kegiatan di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). (Foto: Ganez Radisa/TrenggalekTIMES)

TRENGGALEKTIMES - Komisi I DPRD Trenggalek membahas pelaksanaan refocusing APBD Trenggalek tahun 2021 untuk penanganan wabah covid-19. Terkait hal itu, Komisi I mengingatkan OPD j(organisasi perangkat daerah) jangan pasrah begitu saja.

Menurut Husni Tahir Hamid selaku ketua Komisi I DPRD Trenggalek, seluruh OPD kelihatannya tidak memiliki rancangan program yang tepat. "Dinas jangan hanya seperti kambing menyerahkan lehernya untuk dipotong," ujarnya usai menggelar rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan di seluruh OPD  terkait, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga : Respons Polemik Seleksi Perangkat Desa, Komisi I DPRD Trenggalek Sarankan Pembatalan

Menurut Husni, jika pelaksanaan kegiatan itu memang sudah terencana dengan baik dan ada output dalam perencanaan, maka OPD harus bisa mempertahankan. "OPD harusnya mampu mempertahankan jika memang benar merencanakan anggaran sesuai dengan tujuan yang baik. Sehingga OPD harus bisa memberikan alasan jika kegiatan ini tidak dilakukan maka tidak akan tercapai tujuan pemerintah," ucapnya.

Masih menurut Husni, jika OPD tidak ada perlawanan, bisa jadi OPD malah kurang maksimal dalam hal perencanaan. Pasalnya, OPD hanya bilang terserah dalam pelaksanaan refocusing, maka OPD tersebut tidak memiliki perencanaan yang tepat.

"Pastinya nanti akan kembali dilihat. Jika refocusing ini diserahkan OPD kepada TAPD, bisa dipastikan OPD tidak memiliki perencanaan," ujar Husni.

Baca Juga : Rumah Dinas Ketua DPRD Kota Malang Digeruduk Organisasi Wartawan

Namun jika OPD mampu mempertahankan, itulah yang akan teruji. Sehingga semua OPD akan menjalankan rule atau skema yang telah disiapkan sebelumnya.   "Jika ada kegiatan OPD terdampak refocusing, berarti OPD itu tidak punya tujuan," pungkas Husni.

Topik
DPRD Trenggalek pemkab trenggalek Bahas Refocusing Anggaran

Berita Lainnya