Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bukan Hoax, Ini Fatwa Habib Rizieq Shihab tentang ISIS di Depan Jamaahnya

Penulis : Desi Kris - Editor : Yunan Helmy

11 - Feb - 2021, 13:25

Placeholder
Habib Rizieq (Foto: Kumparan)

INDONESIATIMES - Belakangan ini beredar kabar bahwa Front Pembela Islam (FPI) mendukung adanya ISIS. Terkait isu tersebut, Muhammad Rizieq Shihab menegaskan jika pihaknya tak pernah sedikitpun menerima, apalagi membenarkan ajaran terorisme.  

Bahkan, Habib Rizieq menyebut tudingan itu sangatlah keji. "Menolak keras ISIS dan takfiri serta terorisme. Kemarin saya bertemu beliau (Rizieq Shihab). Dijelaskan mengaitkan FPI dengan ISIS dan teroris adalah fitnah keji dan menggelikan," kata kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar.

Baca Juga : PPP Jombang Bantu Ibu Hamil dan Balita Terdampak Banjir

Di sisi lain, beredar pula video saat Habib Rizieq ceramah pada tahun 2014 yang diunggah oleh channel YouTube LDTV pada awal tahun 2021 lalu. Di awal video itu tertuliskan "FPI MENOLAK ISIS". "Sikap FPI, kami menolak ISIS," tegas Habib Rizieq di awal video.

 Lebih lanjut, mantan imam besar FPI ini mengatakan jika ada sebagian perilaku ISIS yang dinilai tidak sesuai dengan syariat Islam.  "Kami dari FPI menolak ISIS," tegasnya lagi dengan nada tinggi. 

Habib Rizieq lantas mengatakan alasan mengapa FPI menolak ISIS.  Yakni lantaran kala itu, ISIS dalam situasi perang dengan saudara muslim sendiri. Selain itu, ISIS terdiri dari kalangan muda dan banyak ulama yang tidak sependapat dengan mereka. ISIS juga melakukan bom terhadapan makam-makam para nabi dan para wali.  

"Makam-makam para nabi, para wali mereka bom mereka ratakan dengan tanah atas hasil memerangi muslim," cetus Habib Rizieq.

 Maka dari itu, Habib Rizieq mengatakan  tingkah laku ISIS tersebut ditolak oleh FPI.  Lebih lanjut, Habib Rizieq mengatakan jika umat muslim harus bisa membedakan menyembah kubur dan ziarah kubur.  

"Nyembah kubur haram, ziarah kubur sunah nabi, jangan orang ziarah kubur langsung dituduh musrik," ujarnya. 

Baca Juga : Kabupaten Blitar Berlakukan PPKM Skala Mikro, 248 Kampung Tangguh Dibentuk

Habib Rizieq juga menegaskan jika kelakukan ISIS ini sangat tidak pantas.  Mulai dari memerangi sesama umat muslim hingga pengeboman makam.  

"Inilah yang saya katakan, sisi negatif ISIS yang tidak akan bisa diterima oleh dunia Islam apalagi oleh Front Pembela Islam," tegas Habib Rizieq di depan jamaahnya. Ia lantas menanyakan kepada para jamaah, "apa perlu kita takut sama ISIS? nggak perlu saudara," kelakarnya. 

 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Yunan Helmy