Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Dewan Berharap Berdirinya Galangan Kapal PT. GSM Berdayakan Masyarakat Sekitar

Penulis : Imam Faikli - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

03 - Feb - 2021, 20:37

Placeholder
Kepala Satpol-PP didampingi Kepala Dinas Perijinan (Foto: Redaksi BangkalanTIMES)

BANGKALANTIMES - Pendirian galangan kapal milik PT Galangan Samudra Madura (GSM) di Desa Sambilangan, Kecamatan/Kabupaten Bangkalan nampaknya menuai dukungan dari legislator komisi A DPRD setempat.

Namun, dukungan tersebut bukan tidak beralasan, melainkan pihaknya berharap dengan adanya galangan kapal tersebut bisa memberikan dampak positif tehadap pertumbuhan ekonomi khususnya bagi warga disekitarnya.

Baca Juga : Selain Tingkatkan IPM, PKBM Diharapkan Tekan Pernikahan Anak di Lumajang

 

Mujibur Rohman menyebutkan, dengan adanya galangan kapal ini, ia menaruh harapan besar agar perekonomian di Kabupaten Bangkalan bisa hidup, terutama di bidang maritim.

"Makanya kami mendukung berdirinya galangan kapal itu, tapi harus ada timbal balik kepada masyarakat sekitar nantinya," ujar dia usai memanggil sejumlah stagholder pada Selasa (2/2/2021) kemarin.

"Semisal perbaikan jalan serta pemberdayaan masyarakat sekitarnya," imbuh dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perijinan Bangkalan, Ainul Ghufron mengatakan, dirinya juga menaruh harapan besar menuju Bangkalan menjadi daerah maritim, dengan adanya PT. GSM tersebut.

Sebab, syarat untuk menjadi daerah maritim itu harus memiliki 5 pelabuhan kapal. Maka, jika GSM ini bisa berjalan, Bangkalan akan memenuhi syarat untuk menjadi daerah maritim.

Selanjutnya Ainul menjelaskan, pendirian galangan kapal oleh PT. GSM kalau secara administratif sudah selesai, hanya saja ada beberapa item yang harus disempurnakan.

Tak hanya itu, dia juga mengaku, pihak PT. GSM sudah memperhatikan hal-hal yang menjadi kewajibannya. Misalnya memperkerjakan warga setempat dan perbaikan jalan.

Baca Juga : Polemik Pasar Ngunut, Komisi C DPRD Akan Koordinasi Dengan Pihak Terkait

 

“Puluhan orang yang sudah bekerja di PT GSM, perbaikan jalan juga berlanjut dan CSR juga akan muncul seiring berjalannya galangan kapal itu,” ucapnya.

Selain itu Kepala Satpol-PP Bangkalan, Irman Gunadi berharap, rapat tersebut dapat diagendakan kembali dengan menghadirkan PT GSM, sebab jika duduk bersama maka nanti bisa tahu akar permasalahannya ada di mana.

Sebab, sebelumnya PT. GSM sempat dipersoalkan oleh warga sekitar, seperti yang mencuat terkait izin administrasi dan merugikan warga setempat lantaran dianggap mematikan mata pencaharian warga.

"Maka dari itu harus diagendakan ulang rapat ini agar persoalan yang mencuat terkait izin dan padat karya bisa lekas terselesaikan," pungkasnya.

Sekedar diketahui, tidak hadirnya pihak PT GSM dalam rapat tersebut akibat yang bersangkutan terinfeksi virus Corona dan sedang menjalani isolasi mandiri.


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imam Faikli

Editor

Moch. R. Abdul Fatah