Kegiatan Lepas Tugas PPK dari KPU Terganjal Izin Polres Malang | Jatim TIMES

Kegiatan Lepas Tugas PPK dari KPU Terganjal Izin Polres Malang

Jan 27, 2021 20:44
Wakapolres Malang Kompol Toni Kasmiri (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Wakapolres Malang Kompol Toni Kasmiri (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES- Polres Malang menyarankan agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang tidak menyelenggarakan kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak orang pada masa PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat).

Sebelumnya, lanitia pemilihan kecamatan (PPK) yang ada di 33 kecamatan di Kabupaten Malang masa tugasnya akan habis pada 31 Januari 2021 mendatang. Hal tersebut membuat KPU akan membuat sebuah kegiatan yang bersifat evaluasi dan seremonial pelepasan masa jabatan.

Baca Juga : Sengketa Pilkada Surabaya Digelar MK, MA Sebut Pelanggaran TSM Terjadi di 20 Kecamatan

Rencananya, Hotel Bess Resort Lawang dipilih untuk menggelar kegiatan tersebut dengan menghadirkan 198 orang PPK dengan teknis undangan secara bergelombang.

Tetapi, Polres Malang melalui Wakapolres Kompol Toni Kasmiri mengatakan bahwa untuk menggelar sebuah kegiatan yang bersifat masal, tentunya jabatan kapolres akan menjadi taruhannya. “Apabila kami izinkan, kapolres dan kasat Intelkam bisa dicopot. Apabila viral (di media sosial, red), terpaksa kami akan periksa (penyelenggara, red) karena menghadirkan kerumunan. Bisa jadi polda yang mengambil alih proses represif penegakan hukum,” ucap Toni Kasmiri.

Wakapolres mencontohkan bahwa sudah ada kejadian kerumunan massa yang viral seperti Pasar Tumpah di Masjid Akbar Surabaya. Kemudian juga ada pengambilan jenazah di Sumenep.

Dari situ, Toni mengambil kesimpulan bahwa KPU bisa menyelenggarakan kegiatan di gedung sidang paripurna DPRD Kabupaten Malang namun tentunya dengan undangan yang terbatas. Sehingga kemungkinan sebagian PPK dapat diundang secara virtual.

Baca Juga : Hadapi Gugatan Sengketa PHP di MK, KPU Banyuwangi Tunjuk Lawyer Handal

“Kalau di gedung sidang paripurna DPRD, mungkin kami mengamini. Kalau di Bess Resort akan ada bola liar menjadi viral, apabila yang punya hajat KPU, akan bisa digoreng. Intinya kami dukung, tapi tolong dipertimbangkan lokasinya untuk diubah,” pesan Toni.

 

Topik
Polres Malang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM

Berita Lainnya