Semangat Kelola Lingkungan, DLH Pemkab Blitar Bentuk 176 Bank Sampah | Jatim TIMES

Semangat Kelola Lingkungan, DLH Pemkab Blitar Bentuk 176 Bank Sampah

Jan 27, 2021 20:32
DLH Kabupaten Blitar saat monev di Bank Sampah Bacem Berseri di Desa Bacem, Kecamatan Sutojayan.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
DLH Kabupaten Blitar saat monev di Bank Sampah Bacem Berseri di Desa Bacem, Kecamatan Sutojayan.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

BLITARTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tak henti-hentinya meningkatkan kualitas pengelolaan persampahan di Kabupaten Blitar. Salah satu kerja keras dari DLH adalah memprakarsai lahirnya bank sampah-bank sampah baru yang tersebar di seluruh kecamatan.

Seiring waktu perkembangan, bank sampah di Kabupaten Blitar semakin menggeliat. Prospek kerja bank sampah yang baik tak lepas dari pembinaan dan pendampingan yang gencar dilakukan DLH di bawah kepemimpinan Kepala Dinas Krisna Triatmanto. Tercatat dari 220 desa di Kabupaten Blitar saat ini telah berdiri 176 bank sampah. 

Baca Juga : Dirikan Bangunan di Kota Malang Kini Wajib Sediakan Sumur Resapan

“Berdasarkan data yang kami miliki, dari 220 desa di Kabupaten Blitar, hingga kini sudah ada 176 bank sampah yang terbentuk. Kami berharap ke depan seluruh desa bisa membentuk bank sampah,” ungkap Krisna Triatmanto. 

Dikatakannya, ke depan DLH  akan berupaya membentuk bank sampah di daerah dan di desa yang belum ada bank sampah. Keberadaan bank sampah diharapkan pengelolaan sampah di desa bisa semakin baik. 

“Manfaat dari bank sampah ini banyak sekali. Di antaranya sampah akan berkurang, sampah akan bernilai ekonomi. Sampah juga akan bernilai manfaat karena dikelola dengan baik melalui bank sampah,” paparnya. 

Lebih dalam Krisna menyampaikan, dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar, ada beberapa kecamatan yang belum memiliki bank sampah. Sebut saja Kecamatan Nglegok, Kecamatan Doko, dan Kecamatan Bakung. 

Baca Juga : Jaga Kelestarian Lingkungan, PDIP Kabupaten Blitar Tanam 1.000 Bibit Pohon

Ketiga kecamatan tersebut menjadi fokus dari DLH untuk didirikan bank sampah. “Kami akan berupaya  membentuk bank sampah kecamatan yang belum ada bank sampah,” pungkasnya. 

 

Topik
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar Bank Sampah DLH Pemkab Blitar

Berita Lainnya