Profil Mak Rini, Bupati Perempuan Pertama di Blitar | Jatim TIMES

Profil Mak Rini, Bupati Perempuan Pertama di Blitar

Jan 24, 2021 19:45
Mak Rini, mencatatkan sejarah sebagai Bupati perempuan pertama di Kabupaten Blitar
Mak Rini, mencatatkan sejarah sebagai Bupati perempuan pertama di Kabupaten Blitar

BLITARTIMES - Sejarah baru dicatatkan Kabupaten Blitar pada Pilkada serentak 2020. Pasangan Rini Syarifah-Rahmat Santoso berhasil mengalahkan petahana Rijanto-Marhaenis. Sebagai pemenang, Rini Syarifah yang akrab disapa Mak Rini menorehkan sejarah sebagai bupati perempuan pertama di Blitar. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar telah menetapkan Rini-Rahmat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Blitar terpilih pada Pilkada serentak tahun 2020 lalu. Dalam rapat pleno rekapitulasi suara KPU Kabupaten Blitar,  Paslon nomor urut 02 Rini-Rahmat  mendapatkan  365.365 suara atau 58,84 persen. Sedangkan pesaingnya pasangan petahana Rijanto-Marheinis Urip Widodo hanya mendapat dukungan 255.604 suara atau 41,16 persen.

Baca Juga : Peringati Hari Ibu 2020, Tokoh Perempuan Kota Malang Nelly: Ibu Adalah Garda Terdepan

 

Kemenangan Mak Rini terbilang mengejutkan. Pasalnya Mak Rini adalah orang baru di dunia politik. Lalu , siapa sebenarnya wanita berhijab itu?. 

Dilihat dari latar belakangnya, Mak Rini berasal dari kalangan NU. Ayahnya KH Musa Ismail adalah tokoh NU sekaligus pendiri PKB Kota Blitar. Belakangan, wanita 43 tahun ini berkecimpung sebagai pengusaha buku dan konveksi berpusat di Kota Blitar. 

KH Musa Ismail memiliki 11 orang anak. Dari kesebelas anaknya, Mak Rini bukan satu-satunya yang terjun di dunia politik. Kakak kandung Mak Rini yakni Purnawa Buchori pernah menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kota Blitar.  Purnawan juga pernah menjabat Wakil Wali Kota Blitar periode 2010-2015 di masa kepemimpinan periode pertama Wali Kota Samanhudi Anwar. 

Sementara adik kandung Mak Rini yakni Mohammad Trobroni atau Kak Toni  pernah mengikuti penjaringan calon Wali Kota Blitar di  DPC PKB Kota Blitar. Meski akhirnya gagal dalam penjaringan internal PKB nama Kak Toni sempat hangat menjadi perbincangan di bursa pencalonan. 

Tak hanya Mak Rini orang baru di kancah politik, Wakil Bupati Blitar terpilih pendamping Mak Rini yakni Rahmad Santoso juga cukup asing di kancah politik Kabupaten Blitar. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun BLITARTIMES, Rahmat Santoso berlatar belakang sebagai praktisi hukum. Rahmat merupakan Ketua Umum IPHI (Ikatan Penasehat Hukum Indonesia). Sosok Rahmat juga sering dikaitkan dengan Pondok Pesantren PETA Tulungagung. Berdasarkan informasi, pria asal Surabaya itu pernah Nyantri di pondok yang didirikan oleh Syekh Mustaqim tersebut.

Ditemui awak media setelah ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Blitar, Mak Rini menegaskan siap tancap gas untuk mengatasi permasalahan di Kabupaten Blitar. Utamanya soal penanganan Covid-19. 

Baca Juga : Robby Cahya Prasetya Buktikan Kuliah Sambil Bekerja Tetap Bisa Berprestasi

 

"Saat ini sudah tidak ada lagi nomor satu atau nomor dua, yang ada adalah sila ketiga yakni persatuan Indonesia. Saatnya semua masyarakat bersatu, untuk membangun Kabupaten Blitar kedepan lebih baik. Tidak ada nomor satu atau nomor dua. Mari bersama-sama kita membangun Kabupaten Blitar, mengatasi permasalahan utamanya soal penanganan  pandemi Covid-19," tegas Mak Rini.

Mak Rini menambahkan, dalam membangun Kabupaten Blitar lebih baik dirinya bersama Rahmat Santoso akan mengutamakan program pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perbaikan pelayanan publik.

“Kami akan fokus dengan program yang menjadi visi dan misi kami saat kampanye. Program-program ini Insya Alah akan membawa Kabupaten Blitar ke depan lebih baik. Maju bersama sejahtera bersama,” pungkasnya. 

Sebagaimana diketahui, Pilkada Kabupaten Blitar 2020 diikuti dua pasangan calon. Paslon petahana Rijanto-Marhaenis Urip Widodo yang diusung PDI Perjuangan dengan koalisi besarnya (Partai Gerindra, Nasdem, Partai Golkar, Partai Demokrat dan PPP) ditantang pasangan Rini Syarifah - Rachmad Santoso yang diusung koalisi PKB, PAN dan PKS. 

Topik
Berita Blitar Kampanye Mak Rini bupati blitar perempuan profil mak rini

Berita Lainnya