Gelar Pleno, KPU Jember Tetapkan Paslon Hendy-Gus Firjaun sebagai Bupati dan Wabup | Jatim TIMES

Gelar Pleno, KPU Jember Tetapkan Paslon Hendy-Gus Firjaun sebagai Bupati dan Wabup

Jan 22, 2021 17:18
Suasana rapat pleno KPU Jember dalam penetapan Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Suasana rapat pleno KPU Jember dalam penetapan Bupati dan Wakil Bupati Jember terpilih (foto : istimewa / Jatim TIMES)

JEMBERTIMES - Sidang pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jember yang digelar Jumat (22/1/2021) di Hotel Aston, akhirnya menetapkan pasangan H. Hendy Siswanto dan H. Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) menjadi Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Jember. 

Penetapan ini berdasarkan surat Berita Acara Sidang No.02/PL.02.7-BA/3509/KPU-Kab/I/2021 tanggal 22-01-2021. Sayangnya, penetapan ini hanya dihadiri oleh pasangan H. Hendy dan Gus Firjaun dengan didampingi oleh pengurus partai pendukung dan tim suksesnya. Sementara dari dua calon yang kalah tidak hadir dan hanya diwakilkan saja. 

Baca Juga : Paska Dilantik, Paslon SanDi Bakal Prioritaskan Program Jamu Teka

Ketua KPUD Jember M Syai'in mengatakan, bahwa penetapan Bupati dan Wakil Bupati Jember ini, setelah pihaknya mendapat surat dari KPU RI pada tanggal 20 Januari 2021 lalu.

"Pada siang hari ini kami melaksanakan kegiatan rapat pleno penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Jember. Penetapan ini sesuai dengan surat dari KPU RI yang telah turun pada tanggal 20 Januari kemarin,” ujar M. Syai’in kepada media.

M. Syai’in juga menyampaikan permohonan maafnya kepada undangan dan media yang tidak bisa tertampung mengikuti acara rapat pleno. Hal ini dikarenakan adanya protokol kesehatan yang harus diterapkan.

Selain itu, Syai’in juga menyatakan, bahwa pada Pilkada 2020 lalu, pelaksanaan berjalan aman dan kondusif. Selain itu angka partisipasi jumlah pemilih meningkat. 

“Alhamdulillah, pelaksanaan pilkada kemarin berjalan lancar, partisipasi warga juga meningkat. Meskipun saat ini kita mengalami musibah adanya pandemi covid-19,” ujarnya.

Sementara Gogot Cahyo Baskoro Komisioner KPU Provinsi Jatim dalam kesempatan tersebut menyatakan, bahwa pelaksanaan pilkada Kabupaten Jember hingga acara penetapan berjalan lancar dan tidak ada kendala.

Baca Juga : Finalisasi Jawaban Tertulis Dilakukan Bawaslu Banyuwangi Terkait Sengketa PHP di Jakarta

"Alhamdulilah Kabupaten Jember melaksanakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jember berjalan lancar. Alhamdulilah tidak ada gugatan dari salah satu paslon. Selain itu, meski pelaksanaan digelar pada masa pandemi covid, masyarakat Jember juga sudah menjalankan dengan prokes yang ketat. Sehingga tidak ada klaster baru Covid-19 selama pilkada,” ucapnya.

Gogot juga mengucapkan selamat kepada pasangan terpilih. "Kalau boleh berpesan saya berharap kepada bapak H. Hendy dan Gus Firjaun jangan sampai melupakan kantor KPU Jember nantinya," ujarnya disambut tepuk tangan hadirin.

Ia melanjutkan, bahwa nanti Menteri yang akan melakukan pengesahan dan Gubernur Jatim yang akan melantik pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Jember tahun 2020.

 

Topik
sidang pleno kpu jember penetapan paslon terpilih jember paslon hendy gus firjaun bupati dan wabup jember terpilih KPU Jember

Berita Lainnya