Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Musim Hujan, Akademisi Dukung Penutupan Jalan di Masa PPKM

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

22 - Jan - 2021, 15:40

Placeholder
Laura Navika

SURABAYATIMES - Pakar kesehatan masyarakat asal UNAIR Laura Navika mendukung keputusan pemerintah pusat untuk memperpanjang penerapan PPKM hingga tanggal 8 Februari 2021. Menurutnya hal itu bisa membantu menurunkan tingkat pertambahan pasien COVID-19 di setiap harinya. 

"Artinya, dengan PPKM diperpanjang, maka diharapkan bisa mengurangi aktivitas masyarakat sehingga bisa secara langsung menekan laju penyebaran COVID-19," ujarnya.

Lebih lanjut, Ia turut mengapresiasi langkah Pemerintah Kota dan Polrestabes Surabaya yang melakukan penutupan Jalan Darmo dan Tunjungan di akhir pekan mulai pukul 20.00 WIB. 

"Ini kan juga bagian dari mengurangi aktivitas masyarakat yang biasanya di jalanan itu di akhir pekan sangat padat. Sehingga, sekali lagi, bisa mengurangi laju penyebaran COVID-19," jelasnya. 

Penerapan jam malam pun, menurut Laura sangat bisa dipahami dan boleh dibilang efektif untuk menekan laju penyebaran virus yang menjadi penyebab pandemi global dalam satu tahun terakhir ini. 

"Karena malam hari itu kan orang lebih cenderung akan berkumpul seusai bekerja. Dengan begini (diberi jam malam) kan otomatis potensi kerumunan bisa ditekan," bebernya.

"Kalau kita bicara virus infulenza atau flu, dia memang lebih ganas di suhu yang dingin. Makanya kalau di Eropa, suntik vaksin flu itu wajib. Tapi kalau di negara tropis, di tengah musim penghujan di mana suhu menurun ini kalau malam memang sangat mungkin ada peningkatan untuk virusnya. Tapi, sekali lagi, yang paling penting adalah virus ini butuh host, atau orang untuk berkembang biak dan menyebar. Kalau kerumunannya hilang kan juga aman," pungkas Laura.

Pernyataan Laura ini lebih memberikan pesan kepada pemerintah daerah untuk lebih peka dengan kebijakan yang mitigatif terhadap penanganan korona, walaupun banyak konskwensi yang harus diambil dalam menjalankan kebijakan.

 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Sri Kurnia Mahiruni