Zona Hitam, Penanganan Covid-19 di Kanigoro Mendapat Perhatian Khusus | Jatim TIMES

Zona Hitam, Penanganan Covid-19 di Kanigoro Mendapat Perhatian Khusus

Jan 22, 2021 15:23
Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela saat memberikan arahan kepada jajaranya terkait penanganan Covid-19
Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela saat memberikan arahan kepada jajaranya terkait penanganan Covid-19

BLITARTIMES - Penanganan kasus Covid-19 di Kecamatan Kanigoro mendapat perhatian khusus dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19. Ini setelah ibukota Kabupaten Blitar masuk zona hitam penularan Covid-19. 

Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, dalam penanganan Covid-19 di Kanigoro diperlukan kerjasama dan kekompakan dari seluruh elemen. Tiga pilar bersama-sama dengan masyarakat harus sinergi dalam menekan dan mencegah penularan Covid-19. 

Baca Juga : Berpotensi Menularkan Covid-19, Ratusan Kilo Sampah Masker Dibuang Bebas

“Kecamatan Kanigoro penyumbang pasien Covid-19 terbanyak di Kabupaten Blitar dan masuk zona hitam. Begitu resmi menjadi Kapolres Blitar, Kanigoro saya pilih sebagai kecamatan pertama yang saya kunjungi. Kami bertemu tiga pilar untuk menyamakan persepsi soal penanganan Covid-19," ungkap Leonard, Jumat (22/1/2020).

Dalam kunjunganya, Leonard meminta Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang bertugas di Kanigoro serta perangkat desa dan kelurahan lebih intens melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Termasuk edukasi terkait isolasi mandiri bagi pasien tanpa gejala, agar tidak menimbulkan klaster keluarga.

“Jangan sampai isolasi mandiri menjadi penyebab bertambahnya kluster keluarga. Tiga pilar di wilayah harus menyampaikan kepada warga yang positif untuk melakukan isolasi di tempat yang disediakan pemerintah. Di sini pula kami tegaskan, Covid-19 ini bukan aib, warga yang positif jangan takut diisolasi, kemudian warga di lingkunganya jangan mengucilkan,” tandasnya. 

Lebih lanjut Leonard juga mengajak serta kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam penanganan Covid-19. Peran aktif dari masyarakat adalah dengan mendisiplinkan kembali penerapan protokol kesehatan yang mulai kendor.

“Masyarakat berisiko terpapar Covid-19 ketika kesadarannya dalam menjalankan prokes semakin kendor,” tukasnya. 

Baca Juga : Bupati Lumajang Hari Ini Mendonorkan Plasmanya

Terpisah, Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, penyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Kabupaten Blitar adalah Kecamatan Kanigoro dengan jumlah 79 kasus. Sedangkan jumlah total kasus kumulatif Covid-19 di Kabupaten Blitar saat ini mencapai 2.988 dengan angka kesembuhan 2.233 dan angka kematian 223.

“Kecamatan Kanigoro masuk dalam zona hitam karena kasusnya paling tinggi dibandingkan dengan kecamatan lainya. Di luar Kanigoro, seluruh kecamatan di Kabupaten Blitar masuk dalam zona merah,” pungkasnya.

Topik
Penanganan Covid 19 di Kanigoro Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 zona hitam penularan Covid 19 Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela

Berita Lainnya