Forkopimda Resmikan Sarpras Polresta Malang Kota untuk Pelayanan Masyarakat | Jatim TIMES

Forkopimda Resmikan Sarpras Polresta Malang Kota untuk Pelayanan Masyarakat

Jan 22, 2021 14:06
Wali Kota Malang Sutiaji saat memotong pita bunga untuk meresmikan tiga mobil pelayanan dari Polresta Malang Kota untuk masyarakat Kota Malang, Jumat (22/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 
Wali Kota Malang Sutiaji saat memotong pita bunga untuk meresmikan tiga mobil pelayanan dari Polresta Malang Kota untuk masyarakat Kota Malang, Jumat (22/1/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Kepala Daerah) Kota Malang hadir dan meresmikan secara langsung beberapa inovasi sarana prasarana yang diluncurkan oleh jajaran Polresta Malang Kota yang diperuntukkan bagi kemudahan pelayanan pihak kepolisian kepada masyarakat. 

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan bahwa terdapat beberapa sarana prasarana seputar pelayanan SIM (Surat Izin Mengemudi), SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) hingga perpanjangan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang diresmikan pada hari Jumat (22/1/2021). 

"Ada tiga kendaraan yang kami launching hari ini, bus SIM keliling, Arema Police sobo kelurahan yang di dalamnya memberikan pelayanan di antaranya SPKT laporan kehilangan, pengaduan dan juga SKCK yaitu pelayanan perpanjangan. Termasuk juga ada samsat keliling untuk pembayaran pajak kendaraan," ungkapnya kepada awak media usai meresmikan tiga kendaraan tersebut. 

Perwira dengan tiga melati di pundaknya ini juga menuturkan bahwa pelayanan yang dilaunching kali ini bakal hadir secara langsung di beberapa tempat yang dapat memudahkan masyarakat dalam hal urusan administrasi yang berhubungan dengan unsur kepolisian. 

"Kami langsung menyentuh ke kampung tangguh yang ada di kelurahan, jadi langsung ke costumernya," katanya. 

Lanjut perwira yang akrab disapa Leo ini mengatakan bahwa Polresta Malang Kota termasuk yang beruntung mendapatkan bus baru dari Korlantas Mabes Polri untuk pelayanan masyarakat. 



"Kami cukup beruntung karena mendapatkan kendaraan ini (bus, red) dari Korlantas Mabes Polri. Tentunya lewat pertimbangan-pertimbangan bahwa Kota Malang adalah kota terbesar ke dua di Jawa Timur," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Leo juga mengungkapkan bahwa pihaknya juga meresmikan Aplikasi Jogo Malang yang telah tersedia untuk android dan sudah dapat diinstal oleh seluruh masyarakat, bukan hanya warga masyarakat Kota Malang saja. 

"Ada juga aplikasi Jogo Malang yang mencakup seluruh pelayanan kepolisian. Jadi warga bisa meminta pelayanan apa saja di sana SIM, SKCK, maupun panic button on hand, lalu ada polisi RW, kampung tangguh semeru dan ada pelayanan Covid-19," terangnya. 

Lanjut Leo bahwa Aplikasi Jogo Malang sendiri terdapat dua jenis yakni ada yang khusus untuk petugas dan untuk masyarakat umum. "Jadi kita bisa memonitor termasuk kalau mau komplain ada juga di sana namanya layanan wadul. Jadi ada yang kurang puas dengan pelayanan kepolisian, bisa langsung dilaporkan di sana," tandasnya. 

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji yang hadir secara langsung untuk meresmikan ketiga kendaraan pelayanan administrasi kepolisian untuk masyarakat tersebut juga mengatakan bahwa dirinya hadir dalam peresmian tersebut bukan hanya hadir dan tidak berkontribusi apa-apa. 

Melainkan Sutiaji menuturkan bahwa pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Malang juga akan memberikan fasilitas penunjang tambahan untuk peningkatan pelayanan yang dibutuhkan oleh jajaran Polresta Malang Kota. 

"Kalau kita lihat semua sudah berbasis IT, mau tidak mau jaringan kita harus kuat. Maka Pemkot (Pemerintah Kota, red) harus menjamin di semua sektor dan semua titik itu nanti sudah tidak ada yang ngadat IT nya," ujarnya. 

Lanjut Sutiaji bahwa saat ini sedang digencarkan pengawasan secara menyeluruh di wilayah Kota Malang. Maka ditambahkan Sutiaji bahwa harus dikuatkan pada CCTV (Closed Circuit Television). 

"Saat ini juga lagi digencarkan pengawasan kita menyeluruh maka CCTV harus dikuatkan. Sehingga di masyarakat ketika ada kejadian apapun, masyarakat bisa terayomi. Kita di sini harus melindungi karena negara harus hadir," pungkasnya.

Topik
Polresta Malang

Berita Lainnya