Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Awal Januari, Sudah 38 Bencana Melanda Kota Batu, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Penulis : Irsya Richa - Editor : Pipit Anggraeni

22 - Jan - 2021, 08:47

Placeholder
Tanah longsor yang tertutup terpal sementara di Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Masih awal Januari, angka bencana di Kota Batu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Hingga Kamis (21/1/2021), tercatat sudah ada 38 kejadian yang menyebabkan kerugian mencapai miliaran rupiah. Peristiwa bencana itupun didominasi tanah longsor.

Bencana tanah longsor itu setidaknya terjadi sebanyak 32 kali. Lalu ada kejadian banjir luapan, banjir lumpur, angin kencang, dan retakan tanah. Seluruh bencana yang terjadi itu lantaran musim hujan, dan tersebar di tiga kecamatan.

Baca Juga : Turun Dibanding 2019, Angka Kekerasan Pada Anak di Kota Batu Tetap Tinggi

Namun bencana yang paling mendominasi di Kecamatan Bumiaji. “Bencana khususnya tanah longsor terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi dan lama, kemudian tanah ini menjadi jenuh sehingga terjadi longsor,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Ia menambahkan, tanah longsor itu masih mendominasi saat musim hujan lantaran secara geografis Kota Batu berada di kawasan perbukitan. Untungnya, dalam bencana ini nihil adanya korban, namun terdapat kerugian mencapai miliaran.

“Kerugian hanya pada fisiknya saja, tidak sampai menelan korban. Kerugian pada bangunan fisik itu berupa rumah, plengsengan teknis, dan saluran irigasi,” imbuhnya.

Sementara itu Kasi Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Batu Achmad Choirul Rochim menjelaskan, dari kejadian bencana yang terjadi kerugian diperkirakan mencapai miliaran yakni Rp 1,6 Miliar. “Kerugian kurang lebih diperkirakan mencapai Rp 1,6 Miliar,” terangnya.

Baca Juga : Gebrakan Ikatan Alumni ITB Jatim Jelang Pemilu IA ITB Pusat

Jika kerugian mencapai Rp 1,6 Miliar, besaran untuk perbaikan ditaksir mencapai Rp 2,9 Miliar. Rencananya, perbaikan akan diambilkan dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) yang tahun ini yang sudah disiapkan sejumlah Rp 10,8 Miliar.

Sebagai informasi, kejadian bencana serupa juga terjadi sepanjang 2020. Untuk November saja, tercatat ada 18 kejadian bencana. Sedangkan bulan Desember tercatat ada 25 bencana. Rata-rata bencana didominasi oleh angin kencang dan tanah longsor.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Pipit Anggraeni