Jalar Alternatif "Jowin" Tawarkan Peluang Ekonomi Baru bagi Masyarakat | Jatim TIMES

Jalar Alternatif "Jowin" Tawarkan Peluang Ekonomi Baru bagi Masyarakat

Jan 19, 2021 21:03
Jalan penghubung Desa Joho dan Winong "Jowin". (Foto: TULUNGAGUNGTIMES)
Jalan penghubung Desa Joho dan Winong "Jowin". (Foto: TULUNGAGUNGTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES -  Masyarakat Tulungagung, khususnya wilayah selatan,  sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Jowin (Joho Winong). Jowin adalah sebutan jalan alternatif penghubung antara Desa Joho dan Winong di  Kecamatan Kalidawir yang baru dibuka beberapa bulan lalu.

Sejak dibukannya jalur alternatif itu, jalan itu sangat ramai dikunjungi baik warga setempat atau komunitas gowes di Tulungagung. Jalan yang membelah hutan jati dengan infrastuktur cor beton beserta tikungan dan tanjakan yang menantang tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Baca Juga : Angkat Perekonomian Warga, Poles Pantai Tlangoh Madura Jadi Destinasi Wisata

Selain itu, udara sejuk dan pemandangan indah menjadi pelengkap daya tarik dari jalan baru itu. Ditambah dengan panorama indahnya kota Tulungagung dari ketinggian yang bisa dilihat dari puncak Jowin menjadikan pengunjung betah di lokasi itu.

Kepala Desa Winong Tedjo mengatakan, Jowin dibangun oleh pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Tulungagung dan lahan yang dipakai masih dalam wilayah administrasi Perhutani.

Adanya Jowin,  selain mempermudah transportasi masyarakat, juga menambah peluang ekonomi. Sebab,  banyak pengunjung yang datang,  baik masyarakat biasa maupun komonitas gowes. "Rencananya puncak Jowin akan dijadikan destinasi wisata  dan bekerja sama dengan Perhutani," kata Tedjo di rumahnya, Selasa (19/01/2021).

Ditambahkan olehnya, saat ini sudah banyak lapak warga yang berjualan di sepanjang jalan Jowin. Pasalnya,  pada hari libur banyak komunitas gowes yang  mencoba trek Jowin.

Tedjo mengungkapkan, setelah pandemi covid-19 selesai, destinasi wisata puncak Jowin akan diresmikan dan rencananya akan ada tiket bagi pengunjung yang datang.

Baca Juga : Ribuan Wisatawan Kunjungi Kampung  Coklat di Libur Natal, Wahana Baru Jadi Magnet Kuat

D itempat terpisah, salah satu pengunjung Jowin, Nanang, mengaku hampir setiap minggu datang ke jowin. Menurut dia, jalan alternatif itu sangat cocok untuk olahraga bersepeda. Selain memacu adernaline, juga menawarkan pemandangan indah dan udara sejuk.

"Yang saya ajak ke sini pada kencanduan. Bahkan istri saya yang tidak gemar bersepeda menjadi suka bersepeda," ungkapnya.

Topik
jalan alternatif Tulungagung Komunitas Gowes

Berita Lainnya