Petugas gabungan sewaktu menjaring pengendara roda empat yang kedapatan melanggar prokes covid-19 (Foto: Syaiful Ramadhani/ JatimTIMES)
Petugas gabungan sewaktu menjaring pengendara roda empat yang kedapatan melanggar prokes covid-19 (Foto: Syaiful Ramadhani/ JatimTIMES)

SUMENEPTIMES - Sebanyak 96 orang pelanggar protokol kesehatan (prokes) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terjaring operasi yustisi tim Satgas Covid-19.

Kali ini, petugas menggelar operasi besar-besaran berlokasi di area Taman Bunga (TB) sebelah selatan, tepatnya di depan Kodim 0827 Sumenep.

Baca Juga : Kurangi Pelanggaran Prokes, Polsek Bululawang Operasi Yustisi Tiga Kali Sehari

"Tim gabungan menggelar operasi yustisi pada pengendara. Apel giat operasi tadi langsung dipimpin Bapak Bupati Sumenep A. Busyro Karim," ujar Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Kamis (14/01/2021).

Teknisnya, lanjut Widiarti, masyarakat atau pengendara baik roda dua dan empat yang tidak menggunakan masker diarahkan oleh petugas gabungan masuk ke Kodim 0827 Sumenep.

"Setelah itu, nanti langsung diadakan penindakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan covid-19," jelasnya.

Sementara, Hakim Sidang Operasi Yustisi Sumenep, Mohammad Arif Fathoni menyampaikan, bagi warga yang terjaring operasi yustisi itu langsung diadakan sidang dan dikenakan sanksi.

"Namun bagi pelanggar anak-anak kita arahkan untuk membuat surat pernyataan, itu di bawah 18 tahun," ucap Mohammad Arif Fathoni pada awak media.

Baca Juga : Sejak Awal Tahun 2021, Sebanyak 140 Pelanggar Prokes di Pamekasan Terjaring Operas Yustisi

Sedangkan sanksi yang diberikan, sambung dia, setiap pelanggar mendapatkan sanksi bervariasi melihat dari berat tidaknya pelanggaran yang dilakukan.

"Sanksinya bervariasi, lihat berat dan dari tingkat pendidikan," urainya.