Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

MALANGTIMES- Pembagian vaksinasi di Kota Batu akan dilakukan pada bulan Februari nanti. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Komisariat Kota Batu dr Susana Indahwati mengatakan, untuk Kota Batu mendapatkan 1.680 vaksin. Total vaksin Covid-19 itu, sebagian besar akan diprioritaskan kepada para Nakes (Tenaga Kesabaran) yang berada di Kota Batu.

"Jadi total yang didapat ada 1.680 vaksin. Dari total tersebut, 1.622 akan diprioritaskan untuk para Nakes," ucap Susana, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga : Tahap Awal, Kota Surabaya dapat Jatah 33 Ribu Vaksin

Lanjutnya, dalam pelaksanan pemberian vaksinasi ada di 9 tempat. Diantaranya, RS Baptis, RS Karsa Husada, RS Hastabrata, RS dr. Etty Asharto, Puskesmas Sisir, Puskesmas Junrejo, Puskesmas Batu, Puskesmas Beji, dan Puskesmas Bumiaji

"Untuk persyaratannya, usia di atas 60 tahun dan orang sudah terpapar covid-19 tidak diwajibkan di vaksinasi," ujarnya yang juga mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti kapan vaksin datang ke Kota Batu.

"Namun yang pasti akan dilakukan vaksinasi di Kota Batu bulan Febuari," tegasnya.

Pemberitaan Malang Times sebelumnya, dalam rapat koordinasi terkait vaksinasi di Kota Batu, di lantai 5 Balai Kota Batu, Rabu (6/1/2021) lalu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Kartika Trisulandari mengatakan, prioritas pertama yang mendapatkan vaksin yakni nakes.

"Nakes Kota Batu yang sudah kita inputkan ada 2.033 ribu. Tetapi nantikan ada fitback untuk verifikasi yang sudah pernah terpapar itu tidak perlu divaksin. Kemudian yang hamil dan usia di atas 60 tahun," ujarnya.

Baca Juga : Bakal Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin, Begini Perasaan Bupati Malang

Ditanyai terkait jadwal pembagian, ia juga masih menunggu keputusan yang pasti. "Jadwal sementara ini masih Januari-Maret untuk tahap pertama. Jadi kita tunggu jadwal dari pusat. Karena informasi jadwal bisa berubah-ubah. Belum ada kepastian jadwal untuk kabupaten. Kalau provinsi sudah ada," ucapnya saat itu.