Informasi Putusan KIP Jatim Simpang Siur, Ini Isi Lengkapnya | Jatim TIMES

Informasi Putusan KIP Jatim Simpang Siur, Ini Isi Lengkapnya

Jan 08, 2021 19:55
Heri Purnomo, Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Disdikpora Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Heri Purnomo, Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Disdikpora Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Sengketa ajudikasi yang diajukan pemohon Dianto Pulastyo atas nama termohon, yakni Dinas Pendidikan, Pemuda dan olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tulungagung menjadi pro dan kontra. Hal itu dikarenakan tafsir antara pemohon dan termohon saat dikonfirmasi media ini masih saling klaim dan bahkan bertolak belakang.

Sebenarnya, seperti apa isi putusan yang dikeluarkan oleh Majelis Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Timur itu, berikut kutipan lengkapnya :

Baca Juga : Gelar Wisuda Ke-16, IAIDA Blokagung Siap Alih Status Jadi Universitas

Mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Menyatakan informasi yang dimohon oleh pemohon yaitu informasi dan dokumentasi tentang anggaran DAK

1. Nama sekolah SDN Penerima DAK mulai tahun 2015 – sekarang

2. Jumlah penerima DAK dan jumlah keseluruhan anggaran DAK tahun 2015- sekarang

3. RAB dan Gambar sekolahan yang menerima DAK 2015 – sekarang

4. Nama Konsultan DAK dan pendamping DAK 2015- sekarang

Sebagai informasi terbuka. Memerintahkan kepada termohon untuk memberikan informasi pada poin 1 dan 2. Memerintahkan pada termohon untuk menunjukkan informasi pada poin 3 dan 4 paragraf (5:2) pada pemohon. Memerintahkan kepada termohon untuk membuat surat keterangan tertulis terkait badan publik yang menguasai informasi pada poin 5-7 paragraf (5:2) pada pemohon.

Memerintahkan pada termohon untuk melaksanakan amar sebagaimana dimaksud paragraf (5:3) (5:4) dan (5:5) paling lambat 7 (tujuh) hari kerja sejak putusan ini berkekuatan hukum tetap (inkhracht van gewijsde).

Demikian diputuskan dalam rapat permusyawaratan majelis komisioner  dalam sidang terbuka untuk umum pada Selasa tanggal 22 Desember 2020. Yang menandatangani, ketua majelis Edi Purwanto, dua majelis anggota yakni Imadoedin dan Hema Retno Prabayanti serta panitera Febby Krisbiantoro.

Kepala Disdikpora Tulungagung, melalui Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Heri Purnomo membenarkan hal tersebut. Namun, Heri membantah jika pihaknya harus memenuhi semua keinginan pemohon.

Baca Juga : Kado Indah Zubaidah, Disdikbud Raih Dua Penghargaan AIKID

"Dalam amar putusan, kita tidak diharuskan memberikan semua permintaan pemohon, hanya sebagian saja," Kata Heri di kantornya, Jumat (8/1/2021).

Karena pemohon meminta data atas nama pribadi, kata Heri, pihak dinas tidak berkewajiban memberikan infomasi kepada siapun termasuk kepada media, kecuali kepada pemohon langsung.

Diketahui dalam amar Putusan Sidang Ajudifikasi Non Ligitasi persoalan informasi publik itu ada 6 point putusan, dan point pertama berbunyi mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian.

Berbeda dengan Disdikpora Tulungagung, pihak pemohon Dianto Pulastyo saat dikonfirmasi mengatakan, amar putusan sidang memutuskan untuk mengabulkan semua permintaannya. Pihak dinas lanjutnya, harus memberikan keterangan tertulis pada point 5-7 dari ke 7 permintaan pemohon, dan diberikan kepada pemohon paling lambat 7 hari kerja setelah putusan itu berkekuatan hukum tetap.

Dianto mengaku, setelah sidang putusan hingga saat ini, belum melakukan komunikasi dengan Disdikpora Tulungagung. Pihaknya juga akan menempuh jalur hukum di atasnya dengan melaporkan ke Polda Jatim jika amar putusan sidang tidak dijalankan oleh termohon.

 

Topik
sengketa ajudiksi berita kabupaten tulungagung Disdikpora Tulungagung putusan kip jatim KIP Jatim

Berita Lainnya