Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pemuda Viral Menyeberangi Laut Pakai Galon Akhirnya Dijemput Pemkab Malang di Juanda

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

19 - Dec - 2020, 14:43

Placeholder
Pemuda asal Kabupaten Malang saat dievakuasi warga bersama petugas kepolisian usai berupaya menyebrangi Teluk Balikpapan untuk pulang ke Malang (Foto: Instagram sahabatsurga)

Keinginan Dedik Purnomo warga Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang untuk pulang ke kampung halamannya akhirnya terwujud. Hari ini (Sabtu 19/12/2020) siang, pemuda 27 tahun itu dikabarkan akan menempuh perjalanan lewat udara menuju Bandara Juanda, sebelum akhirnya pulang ke kediamannya yang ada di Desa Kemantren, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Kabar tersebut dibenarkan langsung oleh Bupati Malang, Sanusi saat dikonfirmasi media berjejaring nasional ini, Sabtu (19/12/2020) siang. ”Iya, hari ini (Dedik Purnomo) dijadwalkan pulang ke Malang,” ungkap Sanusi sembari mengatakan jika dirinya masih berada di luar kota untuk menghadiri agenda pemerintahan.

Baca Juga : Gedung Balai Kota Malang Diguyur Disinfektan, Sterilisasi Cegah Kluster Perkantoran

Seperti yang sudah diberitakan, pemuda yang sempat merantau ke Balikpapan, Kalimantan Timur ini nekat pulang kampung dengan cara menyeberangi Teluk Balikpapan, dengan menggunakan dua galon air minum.

Aksi nekatnya tersebut dilakukan lantaran yang bersangkutan mengaku tidak memiliki uang saku, untuk pulang ke kampung halamannya yang ada di Kabupaten Malang.

Setelah kurang lebih 3 jam mengapung di lautan, warga yang mengetahui Dedik Purnomo yang semula sempat dikira hanyut tersebut, akhirnya mengevakuasinya ke daratan.

Warga asli Arema (Arek Malang) ini dikabarkan sempat terapung sejauh kurang lebih 300 meter, dari dermaga Pelabuhan Chevron Semayang, Balikpapan.

Sementara itu, mengetahui Dedik Purnomo dalam perjalanan untuk pulang ke kampung halamannya yang ada di Kabupaten Malang, Bupati Malang Sanusi menginstruksikan jajarannya untuk menjemput Dedik di Bandara Juanda, Sabtu (19/12/2020). ”Iya, silakan hubungi Camat Jabung saja, soalnya dia yang ngawal kedatangannya,” ucap orang nomor satu di jajaran Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Malang ini.

Berdasarkan informasi yang beredar, dijelaskan Sanusi, Dedik akan pulang bersama kakak kandungnya yang bernama Sahrul, untuk pulang ke Kabupaten Malang.

Baca Juga : Nekat Gelar Perayaan Tahun Baru di Kota Malang, Izin Hotel Bisa Dicabut

Dikabarkan, Dedik akan mendarat di Bandara Juanda sekitar pukul 15.00 WIB. Sementara itu, jajaran Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) Jabung, Pemdes (Pemerintah Desa) Kemantren, beserta keluarganya yakni ayah kandung Dedik yang bernama Kholil dan adik perempuan dari Dedik, terpantau sedang menempuh perjalanan untuk menuju Bandara Juanda demi kepentingan menjemput pemuda 27 tahun tersebut.

Selain mempersiapkan penjemputan, lanjut Bupati Malang, pihak Pemkab Malang juga bakal memberikan sejumlah bantuan berupa uang akomodasi kepada Dedik dan keluarganya. Dikabarkan uang akomodasi yang disiapkan oleh Pemkab Malang ini senilai Rp 5 juta.

”Iya, nanti akan diberikan melalui Camat Jabung yang saat ini mengakomodir penjemputan saudara Dedik,” ujar Sanusi saat ditanya perihal adanya pemberian uang saku kepada pemuda yang nekat pulang kampung, dengan cara menyeberangi lautan menggunakan galon pada Rabu (16/12/2020) lalu itu.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya