Pertama di Blitar, Pelajar Terpapar Covid-19 | Jatim TIMES

Pertama di Blitar, Pelajar Terpapar Covid-19

Dec 02, 2020 16:33
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images)

Dua pelajar di Kota Blitar dilaporkan terkonfirmasi positif covid-19. Keduanya diketahui siswa SMAN 1 Blitar dari kelas yang berbeda. Masing-masing siswa kelas 1 dan siswa kelas 3. 

Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Blitar Johan mengungkapkan, kedua siswa tertular covid-19 dari lingkungan keluarganya. Keluarga masing-masing siswa terlebih dahulu dinyatakan positif covid-19. 

Baca Juga : Alumni SMA Budut Gadingmangu Raih Juara Lomba Vlog

“Kedua siswa ini terpapar bukan dari lingkungan sekolah, melainkan  dari keluarganya yang terlebih dahulu dinyatakan positif,” terang Johan, Rabu (2/12/2020).

Dikatakannya, kabar positifnya  kedua siswa tersebut  beredar pada Jumat pekan kemarin.   “Pada Jumat pekan lalu, kami mendengar dua di antara siswa itu ada yang terpapar covid-19 dari keluarga yang sudah terpapar  sebelumnya. Saat itu kami belum tahu apakah kedua siswa itu positif atau tidak. Dan besoknya,  Sabtu, kami kembali menerima kabar bahwa satu siswa positif dan sebelumnya ternyata yang  satu lagi juga positif," imbuhnya. 

Johan menambahkan, saat ini SMAN 1 Blitar sedang melakukan penilaian akhir semester berbasis online yang bisa dilakukan di sekolah atau di rumah. Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 di lingkungan sekolah, pihaknya memutuskan untuk melaksanakan penilaian ini dari rumah. 

“Kami putuskan untuk melaksanakan (penilaian) dari rumah. Kami antisipasi agar tidak ada kerumunan di sekolah. Ini kewaspadaan saja karena yang paling rawan di keluarga masing-masing atau saat siswa berada di luar lingkungan sekolah karena pihak sekolah telah melaksanakan protokol kesehatan secara optimal," ungkap Johan. 

Terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Blitar Ramli meyampaikan, pihaknya bergerak cepat dengan mengimbau kepada pihak sekolah agar menerapkan kebijakan meniadakan sementara kegiatan belajar mengajar tatap muka. 

“Seluruh siswa diliburkan sejak Selasa 1 Desember kemarin. Sekolah kemudian dilakukan penyemprotan disinfektan. Rencananya Kamis 3 Desember sudah bisa masuk sekolah tatap muka. Namun dua kelas yang ada siswa positif itu diliburkan  sampai 14 hari," terang dia. 

Baca Juga : Erupsi Gunung Semeru Menurun, Bupati Lumajang Minta Warga Tetap Waspada

Lebih dalam Ramli menyampaikan, kasus positif covid-19 di kalangan pelajar ini merupakan yang pertama di Blitar. Menindaklanjuti kondisi ini, pihaknya meminta seluruh lembaga sekolah memperketat dan meningkatkan protokol kesehatan.

“Ini kasus pertama di Blitar, siswa terkonfirmasi positif covid-19. Kami imbau seluruh sekolah untuk memperketat prokes,” pungkasnya. 

 

Topik
Berita Blitar Update Covid 19 Pelajar SMAN 1 Blitar Protokol Kesehatan

Berita Lainnya