Gymnastic Pamekasan Abdus Salam (Foto:Ist/JatimTIMES.com)
Gymnastic Pamekasan Abdus Salam (Foto:Ist/JatimTIMES.com)

Di saat mewabahnya virus Corona, menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah keharusan yang harus tetap diperhatikan dan dijaga.

Dalam kondisi pandemi ada baiknya kita tetap beraktivitas walaupun terbatas, terkait dengan kesehatan, berolahraga menjadi pilihat tepat untuk menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga : 6 Bulan Pandemi Covid-19, Sampah Medis Kota Batu Capai 18,4 Ton

Adapun olah raga yang mungkin dapat kita lakukan, adalah nge-gym dengan gerakan-gerakan ringan dengan bantuan alat namun tetep bisa membuat tubuh kita menjadi segar bugar.

Namun ada hal baru yang perlu kita perhatikan saat adaptasi baru. Salah satunya adalah kebiasaan saat mengunjungi tempat gym. yakni harus tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 3M. Yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Karena pusat atau tempat ngegym merupakan salah satu tempat yang berisiko tinggi bisa menularkan berbagai virus maupun bakteri, mengingat banyak orang yang menyentuh dan berolahraga menggunakan alat gym secara berbarengan. Tidak semua orang akan cuci tangan, dan belum tentu juga tempat tersebut sudah steril dari virus.

Akan tetapi, apabila tetap ingin berolahraga di gym, kamu tetap bisa melakukannya dengan melakukan serangkaian tips yang diberikan oleh Gymnastic asal Pamekasan Abdus salam, agar tetap aman.

Menurutnya, untuk mencegah menempelnya  virus dari berbagai peralatan gym, seseorang bisa memakai sarung tangan. Pasalnya tangan adalah anggota tubuh pertama yang menempel pada alat-alat olahraga yang tersedia.

"Karena kenapa, peralatan tersebut tentunya juga sudah dipegang oleh puluhan orang lainnya, yang belum tentu mereka tidak tertular virus. Karenanya, menggunakan sarung tangan adalah upaya untuk mencegah virus maupun bakteri menempel," katanya, Minggu (29/11/ 2020).

Baca Juga : Dinkes Pamekasan Dorong Masyarakat Budayakan 3M

Selain itu kata dia, jangan lupa cuci tangan sebelum atau setelah kita melepas sarung tangan, serta pastikan juga membawa hand sanitizer saat nge-gym, karena hand sanitizer bisa membersihkan tangan dari kuman dan bakteri.

"Sebelum kamu memegang alat gym, maupun sesudah berolahraga. Selain itu, jika kamu suka memakai handuk saat nge-gym, maka hindari memegang handuk ke arah muka. Sebab banyak orang yang tidak sadar menyentuh muka selama beberapa kali. Padahal, seperti yang diketahui bahwa virus Corona ini akan menempel di tangan dan bisa menyerang langsung apabila kita lupa mencuci tangan kemudian menyentuh wajah," tambahnya.

Selain itu tak ada salahnya jika kita membawa cairan desinfektan, karena seperti yang kita ketahui, virus corona ini bisa bertahan di benda mati hingga tiga jam. Menyemprotkan cairan desinfektan pada alat-alat gym sebelum kita gunakan adalah salah satu upaya agar olahraga di gym bisa tetap aman.

"Yang tidak kalah penting saat kita nge-gym adalah menjaga jarak, karena itu bagian dari salah satu acara yang efektif untuk menjauhkan kita dari virus jahat seperti Covid-19," tutupnya.