Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Dinkes Jember Ditutup setelah Tiga Pegawai Positif Covid-19, Plt Bupati Jember Instruksikan Ini ke OPD

Penulis : Hirna Ramadhanianto - Editor : A Yahya

27 - Nov - 2020, 17:51

Placeholder
Plt Bupati Jember Abdul Muqit Arief

Plt Bupati Jember Abdul Muqit Arief memberikan instruksi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menekan peningkatan kluster baru di perkantoran. Instruksi tersebut keluar setelah adanya kluster di Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Jember yang membuat tiga orang stafnya dinyatakan positif Covid-19.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jember, Gatot Triyono menjelaskan, instruksi menyebutkan setiap kantor OPD harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala.

Baca Juga : Buka Dialog Kebangsaan Toga Toma, Pjs Bupati: Kehidupan Beragama di Kabupaten Malang Aman

Kedua, melaporkan ke satgas jika ada pegawai di lingkungannya yang terpapar atau sudah menunjukkan gejala Covid-19. Ketiga, pegawai yang terpapar tersebut harus bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) dan diizinkan kembali ke kantor setelah hasil pemeriksaan kesehatannya diketahui. 

Keempat, memerintahkan pegawai yang sempat ada kontak erat dengan suspect agar isolasi mandiri dan melaporkan kepada satgas. "Intinya, apa pun itu untuk mengantisipasi kluster baru setiap OPD harus sering koordinasi dengan satgas," ujarnya.

Sementara, untuk perkantoran dengan pelayanan umum seperti Dinas Kependudukan Catatan Sipil dan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang tidak bisa melakukan WFH diharapkan berkoordinasi terlebih dahulu dengan satgas untuk memperketat pelaksanaan pelayanan tersebut.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan menutup sementara layanan setelah ketiga ASN mereka terkonfirmasi positif Covid-19. Ketiganya diketahui merupakan Tim Tracing Satgas Covid-19 Kabupaten Jember.

Baca Juga : Pelayanan Bersih dari KKN, ASN Dispendukcapil Kabupaten Blitar Ikuti Sosialisasi Gratifikasi Online

Saat ini, kata Gatot, satgas sedang melakukan penelusuran dan pelacakan kepada warga yang pernah kontak erat dengan ketiganya. Sementara Dinas Kesehatan ditutup, seluruh pegawai akan melakukan kerja dari rumah sampai batas waktu yang belum ditentukan.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hirna Ramadhanianto

Editor

A Yahya