Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Menuju Smart Hospital, Partai Demokrat Minta RS. dr. Haryoto Lumajang Siapkan SDM Handal

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : A Yahya

27 - Nov - 2020, 17:18

Placeholder
Ketua Fraksi Partai Demokrat H. Idris Marzuqi S.Pd (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Untuk menuju Smart Hospital Rumah Sakit (RS) dr. Haryoto Lumajang harus menyiapkan secara baik sumberdaya manusia (SDM) secara baik, agar predikat Smart Hospital tersebut benar-benar sesuai dengan standart pelayanan yang prima dengan daya dukung SDM yang benar-benar handal.

Hal ini disampaikan Ketua Fraksi Demokrat H. Idris Marzuqi, S.Pd ketika menyampaikan Pandangan Akhir fraksinya pada Sidang Paripurna pengesahan RAPBD 2021 menjadi APBD, Kamis (26/11) kemarin, di DPRD Lumajang.

Baca Juga : Vokal ke Pemerintah, Pengurus MUI Lama Din Syamsuddin hingga Tengku Zulkarnain Tergeser

 

“Smart Hospital ini memungkinkan masyarakat dan keluarga pasien untuk berkomunikasi langsung dengan tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit. Termasuk dengan dokter dan bagian administrasi, maka persiapan SDM ini menjadi keharusan untuk dipenuhi oleh manajemen RS. dr. Haryoto Lumajang,” kata H. Idris Marzuqi.

Secara umum, jika RS. dr. Haryoto Lumajang benar-benar sampai kepada predikat Smart Hospital, akan banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat Lumajang. Mulai dari bisa menanyakan kondisi pasien, tersedianya sarana konsultasi dengan keluarga pasien secara online dan pemanfaatan teknologi dalam pelayanan kepada pasien lainnya.

Oleh karena itu, masih kata Idris Marzuqi, Partai Demokrat Lumajang akan memberikan dukungan kepada usaha untuk menjadikan RS. Dr. Haryoto Lumajang agar bisa menjadi Smart Hospital. 

“Jika benar nanti bisa terwujud, ini akan menjadi sebuah model untuk rumah sakit lain, tidak hanya di Lumajang, namun juga untuk rumah sakit diluar Lumajang. Tetapi yang paling penting adalah penyiapan SDM, agar secara cepat bisa menguasai terapan teknologinya, dan mau mengedepankan pelayanan dengan smart,” ujar Sekretaris DPC Partai Demokrat Lumajang ini.

Baca Juga : Ketua Demokrat AHY Turun Gunung, Intruksikan Seluruh Kader Menangkan Paslon MAJU

 

Idris Marzuqi juga menjelaskan, pemanfaatan teknologi dengan tujuan optimalisasi pelayanan memang tidak bisa dihindari. Termasuk didalamnya soal pelayanan di rumah sakit. Kata Idris Marzuki, kedepan mungkin bukan hanya pelayanan rumah sakit yang akan memanfaatkan teknologi terkini.

“Teknologi khususnya penerapan IT dalam pelayanan tidak akan bisa dihindari. Semuanya pasti mengarah kepada pemanfaatan IT. Yang terpenting adalah menyiapkan SDM-nya, agar mampu berakselesari dengan teknologi itu sendiri. Selain SDM sarana dan prasarana juga harus memiliki daya dukung yang baik, karena pelayanan itu membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai," pungas polisi Partai Demokrat ini. 


Topik

Politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

A Yahya