Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq saat berswafoto bersama para pemenang Lomba Video Kreatif dan Menggambar di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Rabu (25/11/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq saat berswafoto bersama para pemenang Lomba Video Kreatif dan Menggambar di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Rabu (25/11/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Dinas Pariwisata Kota Batu mengumumkan para pemenang Lomba Video Kreatif dan Menggambar di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Rabu (25/11/2020). Hasilnya mereka yang mengikuti lomba ini membuat kagum Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq dan juga dewan juri.

Juara I untuk kategori video kreatif direbut oleh Amin Imam Kres dengan skor tinggi yakni 1.660. Juara II diraih oleh Yogi Iqbal Rizkiawan dengan skor 1.580.

Umumkan-Pemenang-Lomba-Video-Kreatif-dan-Menggambar-317a0d8f8bb4f68f5.jpg

Baca Juga : Jadi Keynote Speaker Ajang ABA Awards 2020, Kadisdikbud Beberkan Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi

 

Kemudian untuk juara III diraih oleh Iping dengan memperoleh point 1.420. Harapan I didapatkan Ahmad Nur Kholis dengan skor tipis yakni 1.410. Lalu harapan II skornya terpaut 40 point yakni Andik Bukhori jumlahnya 1.370. Dan harapan III pointnya 1.300 oleh Dendi Dwi Putra. 

Sedangkan untuk lomba menggambar juara I diraih oleh Bagus Dharmawan skornya 765. Juara II skornya 734 diraih Rhairdra Rizky. Dan juara III didapatkan Adilla Reksytania skornya 724.

Umumkan-Pemenang-Lomba-Video-Kreatif-dan-Menggambar-4c0e0264cd833225d.jpg

Untuk juara Harapan I oleh Calirin Maharangga sejumlah 721. Lalu harapan II didapatkan Nival dengan point 715 dan harapan III diraih oleh Muhammad Nasir sejumlah 697. “Setelah melihat karya-karya para peserta ini, kami kagum luar biasa. Warga Kota Batu punya talenta yang luar biasa,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq. 

“Kami ingin lewat talenta muda bisa meng-explore potensi seluruh wilayah di Kota Batu. Tentunya ini juga untuk meningkatkan kretivitas para peserta,” imbuhnya. Mereka yang telah mengikuti lomba dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batu ke-19 itu, di bulan Februari 2021 mendatang bisa mengikuti perlombaan lagi. 

Umumkan-Pemenang-Lomba-Video-Kreatif-dan-Menggambar-574484f79543336c9.jpg

“Event ini jadi evaluasi, jadi saat event di bulan Februari lebih bagus karyanya. Dan lebih siap lagi untuk event tahun depan,” tambah mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu ini.

Arief pun memberi masukan agar ke depan para peserta yang mengikuti lomba di event berikutnya bisa menyelipkan kebudayaan jaran kepang dan bantengan yang telah diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Pariwisata berasal dari Kota Batu. 

Baca Juga : Hilangkan Penat Santri, Medita Zaha Genggong Gelar Aneka Lomba

Umumkan-Pemenang-Lomba-Video-Kreatif-dan-Menggambar-1f6202256c2e6ad62.jpg

“Tari jaran kepang dan bantengan dibuatkan video yang bagus, sebagai dokumentasi karena ini sudah diakui kesenian dari Kota Batu,” terangnya.

Sedang dalam perlombaan ini, yang dinilai utamanya adalah konten dengan tema #kwbsafetourism. Secara kualitas penggarapan dari segi video hingga editing sudah kekinian dan menarik. 

Sementara itu Dinas Pariwisata Kota Batu menggelar lomba ini juga untuk mempromosikan pariwisata Kota Batu yang mana hasil karya mereka dipamerkan di akun media sosial media. Sekaligus memberikan wadah bagi mereka yang hobi dalam membuat video kreatif dan menggambar.

Umumkan-Pemenang-Lomba-Video-Kreatif-dan-Menggambar-29803c2e5275f08eb.jpg

Sekaligus mengisi kegiatan di tengah pandemi, Covid-19 belum sepenuhnya pulih. Tetapi Dinas Pariwisata mencoba menggelar berbagai kegiatan, dengan memfasilitasi mereka yang memiliki kreativitas dan inovasi warga Kota Batu dalam rangka memanfaatkan teknologi IT, khususnya video dan kemampuan menggambar.