Proses penurunan baliho Habib Rizieq di Kabupaten Malang. (istimewa)
Proses penurunan baliho Habib Rizieq di Kabupaten Malang. (istimewa)

Baliho Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang diturunkan di sejumlah daerah juga dilakukan di Kabupaten Malang. Total ada 9 baliho Rizieq yang diturunkan. Di antaranya di kawasan Kecamatan Gondanglegi dan Bantur.

Penurunan baliho Rizieq tersebut dilakukan jajaran Satpol PP Kabupaten Malang dan dibantu pengamanan dari Polres Malang dan Kodim 0818 Malang-Batu. Penurunan baliho berlangsung Senin (24/11/2020) malam.

Baca Juga : Penurunan Baliho Bergambar Rizieq Shihab di Kota Malang Dikawal Ketat Polisi dan TNI

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan, 9 baliho itu berukuran kurang lebih 2 x 1 meter. Empat baliho diturunkan di kawasan  Gondanglegi dan lima baliho diturunkan di Bantur.

"Penurunan ini dilakukan Satpol PP Kabupaten Malang. Kami (Polres Malang dan Kodim 0818) sifatnya hanya membantu dan memantau penurunan yang dilakukan satpol PP," terang AKBP Hendri Umar.

Menurut Hendri, alasan diturunkannya baliho tersebut lantaran dianggap melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Reklame. "Dalam perda itu disebutkan bahwa pemasangan baliho harus berdasarkan izin sekaligus dengan jangka waktu yang terbatas," kata dia.

Di sisi lain, Hendri berharap kejadian ini tidak terulang agar suasana keamanan dan ketertiban masyarakat masih terjaga di wilayah Kabupaten Malang. "Saya harap ini menjadi pelajaran masyarakat bahwa dalam memasang baliho, harus ada peraturan-peraturan yang ditegakkan," tandas kapolres.