Geranat yang ditemukan warga. (Istimewa)
Geranat yang ditemukan warga. (Istimewa)

Sebuah geranat nanas ditemukan seorang warga saat sedang menggali tanah untuk pondasi rumah. Belum ada yang bisa memastikan geranat tersebut masih aktif atau tidak.

Geranat ditemukan oleh Sagi (67), warga Dusun Mulyorejo, Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Saat itu, dirinya sedang menggali tanah untuk pondasi rumah milik Candra Setya Bekti sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca Juga : Malam-Malam Penggali Batu di Hutan Keboireng Akhirnya Ditemukan, Begini Yang Terjadi

Saat menggali sedalam 60 sentimeter, cangkulnya membentur sebuah benda yang ia kira sebuah batu. Benda tersebut setelah diangkat rupanya berbentuk seperti buah nanas dengan ukuran satu genggaman.

"Waktu itu menggali, terus ada batu seperti barang dilindungi. Barangnya seperti nanas," ujarnya di lokasi, Kamis (19/11).

Benda berbentuk mirip buah nanas ternyata sebuah geranat nanas. Sagi baru mengetahui benda yang ditemukannya adalah sebuah geranat, saat menunjukkannya ke warga sekitar. "Teman-teman itu bilang kalau itu geranat," tandasnya.

Sementara, saat ini pihak kepolisian setempat telah mengamankan lokasi penemuan geranat tersebut. Untuk mengevakuasinya, pihak Polsek Mojowarno masih menunggu tim penjinak bahan peledak (Jihandak) Brimob Polda Jatim.

"Kita sementara lakukan police line untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan. Penanganan ini harus khusus, kita masih menunggu jihandak," kata Kapolsek Mojowarno AKP Yogas.

Baca Juga : Kasun yang Pukuli Pemuda Jombang saat Kencani PSK Pilih Mengundurkan Diri

Yogas tidak bisa memastikan geranat ini masih aktif atau tidak. Pihaknya tetap menunggu tim Jihandak Brimob Polda Jatim, agar segera dievakuasi.

"Kami belum tau aktif atau tidak. Kita tidak boleh underestimate (meremehkan, red), tetao harus kita amankan. Agar supaya tidak membahayakan warga," pungkasnya.(*)