Lapas Jombang Diperketat usai Penyelundupan Narkoba Dibungkus Kerupuk Pasir | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Lapas Jombang Diperketat usai Penyelundupan Narkoba Dibungkus Kerupuk Pasir

Nov 17, 2020 15:56
Petugas Lapas Kelas IIB Jombang memeriksa barang yang akan dikirim ke para napi. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Petugas Lapas Kelas IIB Jombang memeriksa barang yang akan dikirim ke para napi. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JOMBANGTIMES - Lapas Kelas IIB Jombang mulai memperketat pengawasan pengiriman barang ke para napi usai penyelundupan narkoba melalui kerupuk pasir digagalkan petugas. Pengawasan lebih diperketat pada pemeriksaan barang yang akan dikirim ke para narapidana (napi).

Upaya penyelundupan narkoba ke dalam Lapas Jombang sempat digagalkan oleh sipir pada Rabu (11/11) sekitar pukul 09.30 WIB. Narkoba yang dikirim oleh seorang wanita untuk napi berinisial NC (25) itu diselundupkan melalui kerupuk pasir. 

Baca Juga : Polresta Probolinggo Ungkap 5 Pelaku Pencurian HP dan Motor

Saat itu, wanita yang diperkirakan berusia 24 tahun tersebut menggunakan identitas palsu saat mengisi daftar penitipan barang ke sipir Lapas Jombang. Dia menggunakan nama pria, yaitu Katip. Nomer telepon yang disertakan juga palsu.

Untuk itu, pihak Lapas Jombang saat ini mulai memperketat  penitipan barang. Semua orang yang akan mengirim barang taau makanan ke lapas wajib menggunakan KTP asli.

"Jadi, kemarin itu pelaku yang menitipkan barang berisi narkoba ternyata menggunakan fotokopi KTP.  Saat ini kami ubah. Seluruh pembesuk wajib membawa KTP asli. Jadi, kami bisa melihat kesamaan foto identitas dan pembesuk," terang Kepala Lapas Kelas IIB Jombang Mahendra Sulaksana kepada wartawan, Selasa (17/11).

Selain itu, Mahendra sudah menambahkan cctv yang dipasang di area sekitar pos penitipan barang. Dirinya juga menambahkan petugas di lokasi pemeriksaan barang.

 "Termasuk jumlah petugas penggeledah yang nanti akan kami tambah. Kami ingin barang sekecil apa pun bisa kami pantau, apa isinya, siapa pengirimnya. Jadi, jika ada kejadian yang sama, seperti upaya penyelundupan, seluruhnya bisa segera terbongkar," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, petugas Lapas Kelas IIB Jombang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan paket narkoba pada Rabu (11/11) sekitar pukul 09.30 WIB. Penyelundupan itu terungkap saat petugas Lapas Jombang mencurigai bungkusan yang berisi kerupuk pasir yang dibawa wanita untuk NC, napi kasus narkoba.

Baca Juga : Lengkapi Berkas Laporan, Pengacara Husni Thamrin Minta Bawaslu Segera Panggil Plt Bupati Jember

Pelaku menyelundupkan narkoba melalui kerupuk pasir yang direkatkan atara dua kerupuk. Seolah kerupuk terlihat lengket alami, namun di dalamnya terdapat rongga yang terisi sejumlah narkoba yang dibungkus lakban kecil. Kerupuk yang sudah diseting sedemikian rupa itu, dicampur dengan kerupuk pasir lainnya dalam wadah tas keresek putih.

Ada tiga paket narkoba yang ditemukan di kerupuk pasir itu. Dua paket berisi 2 gram sabu dan satu paket berisi 2 butir pil berwarna hijau yang belum diketahui jenisnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Lapas Jombang Penyelundupan Narkoba

Berita Lainnya