04/12/2022 Lengkapi Berkas Laporan, Pengacara Husni Thamrin Minta Bawaslu Segera Panggil Plt Bupati Jember | Jatim TIMES

Lengkapi Berkas Laporan, Pengacara Husni Thamrin Minta Bawaslu Segera Panggil Plt Bupati Jember

Nov 16, 2020 18:41
M. Husni Thamrin bersama salah satu wartawan Jember saat di kantor Bawaslu Kabupaten Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
M. Husni Thamrin bersama salah satu wartawan Jember saat di kantor Bawaslu Kabupaten Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

Pewarta: Moh. Ali Mahrus | Editor: A Yahya

M. Husni Thamrin, warga Perumahan Cahaya Jalan Hayam Wuruk IV Blok E1 8 Jember yang telah melaporkan Plt. Bupati Jember dkk atas pengembalian 367 ASN di posisi semula pada era Bupati Faida ke Bawaslu, Senin (16/11/2020) sore dipanggil Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Kabupaten Jember di Kantor Bawaslu.

Pemanggilan pria yang juga berprofesi sebagai pengacara ini, untuk memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai pelapor. “Saya dipanggil untuk melengkapi berkas-berkas laporan saya, di mana laporan saya ini oleh pemeriksa dinilai sudah memenuhi syarat formil maupun materiil,” ujar M. Husni Thamrin usai menjalani pemeriksaan.

Baca Juga : Polsek Gumukmas Bekuk Spesialis Pencuri Minimarket Asal Jakarta

Thamrin optimistis, dengan dirinya diperiksa untuk melengkapi laporan, dalam waktu dekat terlapor (plt. Bupati Jember dkk) akan dipanggil Bawaslu, dimana Bawaslu memiliki waktu 10 hari untuk memproses laporannya.

“Insya Allah laporan saya sudah memenuhi unsur formil dan materiilnya, dan harapan saya Bawaslu Jember bisa memanggil terlapor, karena Bawaslu hanya mempunyai waktu 10 hari sejak laporan saya pada Jumat sore lalu,” jlentrehnya.

Thamrin juga menampik anggapan sebagian masyarakat yang menilai bahwa laporannya ke Bawaslu bernuansa politis. Mengingat yang dilakukan oleh Plt. Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief dalam mengembalikan jabatan dan posisi 367 ASN sesuai dengan rekomendasi dari Kemendagri.

“Saya bukan timses paslon mana pun, dan laporan saya ini, saya pastikan tidak bernuansa politis. Saya sebagai warga negara Indonesia, hanya ingin Pilkada di Jember ini bersih dan tidak ada hal-hal yang merugikan semua paslon,” beber Thamrin.

Seperti diberitakan sebelumnya, pengembalian 357 ASN di lingkungan Pemkab Jember yang dilakukan oleh Plt.Bupati Jember dilaporkan ke Bawaslu. Dasar dari laporannya adalah Plt. Bupati Jember dinilai telah melanggar Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, dan pasal 71 ayat (2) UU nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan  kedua atas UU Nomor 1 tahun 2015 tentang Peraturan Pemerintah Pengganti UU nomor 1 tahun 2014.

Thamrin mengatakan, bahwa apa yang dilakukan oleh Plt. Bupati Jember ini sebenarnya untuk menyelesaikan carut marutnya permasalahan di Jember. Namun seharusnya bisa menyelesaikan masalah tanpa masalah, justru menyelesaikan masalah dengan masalah. 

Baca Juga : Kasun yang Aniaya Pemuda Kencani PSK di Lokalisasi Jombang Terancam Dicopot

“Saya tahu apa yang dilakukan plt. Bupati Jember adalah untuk menyelesaikan masalah, tapi menyelesaikan masalah dengan masalah seperti saat ini, bukanlah solusi. Ini yang harusnya dipahami, oleh karenanya saya melaporkan kasus ini ke Bawaslu, dan Bawaslu memiliki waktu 3 hari untuk menelaah laporan dan aduan kami selaku warga negara Indonesia,” ujar Thamrin. 

Sementara Plt. Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief saat dikonfirmasi usai acara pengembalian sumpah jabatan mengenai adanya upaya laporan beberapa pihak ke Polisi maupun Bawaslu mengatakan, bahwa dirinya sudah sangat hati-hati dalam melakukan dan memutuskan untuk melakukan pengembalian sumpah jabatan. 

Menurut pejabat yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Silo, apa  yang dilakukan ini semata-mata ingin memenuhi tanggung jawabnya sebagai pejabat atas rekomendasi dari Kemendagri. Di mana rekomendasi Kemendagri ini sebagai syarat pembahasan APBD 2020. 

“Insya Allah apa yang saya lakukan hari ini, sudah sangat berhati-hati. Kalaupun ada pihak-pihak yang mempermasalahkan, Insya Allah tidak apa-apa, karena kami menjalankan rekomendasi dari Mendagri. Dan saya akui, keputusan ini merupakan keputusan terberat yang harus kami pilih. Jika dibolehkan untuk memilih, saya lebih baik memilih tugas lainnya,” ungkap Plt. Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief. (*) 

Judul berita Lengkapi Berkas Laporan, Pengacara Husni Thamrin Minta Bawaslu Segera Panggil Plt Bupati Jember.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Bawaslu Jember plt bupati jember

Berita Lainnya