Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Cak Thoriq Pantau Tandon Air di Wilayah Krisis Air

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : A Yahya

05 - Nov - 2020, 19:57

Placeholder
Bupati Lumajang ketika melihat tandon air di Ranu Bedali (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, pada hari ini, Senin (5/11) meninjau program penyediaan air bersih yang dikerjakan melalui Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kecamatan Ranuyoso.

Bupati berharap, pada tahun ini program Pamsimas itu sudah bisa memberikan manfaat kepada masyarakat yang ada di wilayah utara Lumajang, yang selama ini sering mengalami krisis air.

Baca Juga : Realisasi Usulan Warga, Pemkot Kediri Bangun Sumur Bor dari Hibah ESDM

Begitu tiba di Ranuyoso Bupati Lumajang melihat tandon air yang digunaan untuk menampung air yang dinaikkan dari Ranu Bedali.

Jika program ini selesai, Bupati Lumajang berharap bisa memenuhi kebutuhan air bersih di Desa Wates Wetan, Desa Wates Kulon, Desa Wonoayu dan Desa Penawungan.

Selain melihat tandon air di Ranu Bedali, Cak Thoriq juga melihat tandon air dari program Pamsimas yang menggunakan sumur bor di desa Meninjo, Kecamatan Ranuyoso.

"Memang ini adalah daerah yang kekurangan air berpuluh-puluh tahun yang lalu, bahkan masyarakat hanya mengandalkan air hujan untuk kebutuhan air sehari-hari. Saya keliling untuk memastikan program Pamsimas yang menjadi prioritas ditahun ini segera bisa dituntaskan, agar masyarakat mudah mendapatkan akses air," kata bupati Lumajang kepada sejumlah awak media.

Baca Juga : Pelihara Keterjagaan Muka Air Tanah, DPUPRPKP Rencanakan Buat 100 Sumur Resapan

Bupati juga berharap agar sumber mata air yang ada di wilayah utara dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, agar masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan air.

"Dengan begitu, maka persoalan masyarakat yang ada di desa-desa di Kecamatan Ranuyoso terkait pemenuhan air bersih bisa dituntaskan," katanya kemudian. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

A Yahya