Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images/Radar Bogor)
Ilustrasi.(Foto : Ist/Google Images/Radar Bogor)

Dalam rangka pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Blitar pada 9 Desember 2020 mendatang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Blitar melaksanakan rekrutmen anggota perlindungan masyarakat (linmas). Sebanyak 653 linmas telah lolos seleksi dan siap menjalankan tugas pengamanan pilkada.

“Sebanyak 653 anggota linmas di Kota Blitar telah direkrut untuk dilibatkan dalam pengamanan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Blitar 9 Desember mendatang,” ungkap Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar Hadi Maskun dilansir BLITARTIMES dari laman situs resmi Pemkot Blitar, Rabu (4/11/2020). 

Baca Juga : 39 Hari Masa Kampanye, Bawaslu Blitar Terima 7 Laporan Dugaan Pelanggaran

Dikatakanya, rekrutmen anggota linmas telah dilaksanakan satpol PP pada  Oktober 2020. Sebanyak 653 anggota linmas yang lolos seleksi akan disebar di beberapa titik. Rinciannya 518 anggota ditempatkan di TPS, 105 anggota di posko penghitungan suara tingkat kelurahan, dan 30 anggota di posko penghitungan suara tingkat kecamatan. 

“Nantinya juga ada anggota satpol PP yang disiagakan untuk mem-back up pengamanan di tingkat Kota Blitar,” terangnya.

Lebih dalam Hadi menyampaikan, seluruh anggota linmas sudah mendapat ploting dan wilayah tugas. Sebelum diterjunkan ke lapangan, mereka akan diberi pembekalan oleh satpol PP. Pembekalan tersebut terkait dengan teknis pengamanan di TPS sebagai antisipasi kerawanan saat pemilihan. 

“Kami memastikan seluruh anggota linmas nantinya juga mendapat seragam dan alat pelindung diri (APD) covid-19. Kami beri APD karena nantinya mereka tidak hanya menjaga keamanan. Ada tugas lain yaitu memastikan proses pemilihan benar-benar mematuhi protokol kesehatan covid-19. APD akan dibagikan pada akhir November ini,” pungkasnya.