Arus lalu lintas di simpang Pendem Kecamatan Junrejo, Jumat (30/10/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Arus lalu lintas di simpang Pendem Kecamatan Junrejo, Jumat (30/10/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Longweekend yang berlangsung sejak Rabu (28/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020) mendatang belum terdapat jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Batu secara signifikan. Hingga saat ini arus kendaraan yang melintas di kawasan Kota Batu masih terkendali.

Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama menjelaskan, jika peningkatan arus masih terkendali. Namun setelah dilihat di lokasi tidak ada peningkatan jumlah kendaraan yang signifikan pada Jumat (30/10/2020).

Baca Juga : Libur Panjang, Okupansi Kereta Api di Stasiun Malang Penuh

“Prediksi kita, libur panjang ini awalnya akan terjadi lonjakan arus yang tinggi tetapi ternyata setelah dilihat di lapangan tidak signifikan seperti long weekend pada umumnya,” ucapnya.

Seperti halnya kondisi tersebut terlihat di kawasan simpang tiga Pendem, Kecamatan Junrejo arus kendaraan ramai lancar. Tidak ada kemacetan atau kepadatan terjadi seperti sebelum-sebelumnya saat libur panjang lebaran ataupun akhir tahun. 

“Saat ini di simpang Pendem kalau biasanya apabila peningkatan tinggi sudah ada kepadatan arus, baik dari Surabaya, arus ramai lancar. Bahwa situasi arus lalu lintas ramai lancar,” imbuhnya.

Hanya saja ia mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan berkendara. Tidak lupa juga menerapkan protokol kesehatan demi mencegah Covid-19.

“Saat ini digelar Operasi Zebra Semeru dan Operasi Yustisi dalam libur panjang, sehingga saat berkendara harap mematuhi peraturan yang ada,” jelas lulusan Akademi Polisi tahun 2001 ini.

Baca Juga : Penumpang KA Diimbau Rapid Test H-1 sebelum Jadwal Keberangkatan

Sedang dalam Operasi Zebra terdapat tiga titik pos utama. Tiga pos titik utama itu ada di Pos Pelayanan yang berada di Jatim Park, Museum Angkut, dan pertigaan Pendem. Lalu Pos Pantau yang menjadi blank spot atau daerah rawan kecelakaan di Pujon dan Ngantang. 

Pengalihan arus masih tidak dilakukan, hanya saja menerapkan jalur one way mengingat arus kendaraan masih ramai lancar.