Calon Bupati Kediri Hanandhito Himawan Pramono melakukan blusukan di pasar (Eko Arif S/ JatimTIMES)
Calon Bupati Kediri Hanandhito Himawan Pramono melakukan blusukan di pasar (Eko Arif S/ JatimTIMES)

Keluhan para pedagang Pasar Sambi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri, langsung dicurahkan kepada Calon Bupati Kediri Hanandhito Himawan Pramono saat melakukan blusukan di pasar, Jumat (30/10/20).

Para pedagang Pasar Sambi meminta agar dibangunkan Tempat Pembuangan Sampah (TPA).Sampah yang dihasilkan selama ini, dari aktivitas jual beli Pasar Sambi Kecamatan Ringinrejo, hanya dibuang pada lokasi yang sudah ada dan dibakar begitu saja. Hal tersebut tentunya menimbulkan masalah baru yaitu pencemaran lingkungan.

Baca Juga : Wakil Ketua Dewan Kak Ido Serahkan 1.010 Seragam Pengajian untuk 6 Kelurahan

Mendengar keluhan tersebut, Calon Bupati Kediri Hanindhito akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait tentang pembuatan tempat untuk pengelolaan sampah. Karena, sampah tersebut harus dipisahkan mana sampah organik dan sampah non organik.

Menurut putra Mensesneg Pramono Anung tersebut menuturkan, bahwa dengan selama ini terjun langsung ke masyarakat dan menampung berbagai keluhan serta permasalahan, secara pribadi dirinya dapat mengambil hikmah bahwa seorang kepala daerah harus mau turun langsung ke masyarakat, sehingga bisa mengetahui permasalahan yang ada di bawah.

“Karena dengan turun kebawah akan lebih mengetahui persoalan-persoalan dan kesulitan mulai dari persoalan yang ringan hingga kompleksitasnya yang paling tinggi, selain itu bisa menjalin keterikatan batin antara pemimpin dan masyarakat," ujarnya.

Dhito mencontohkan, seperti yang ada dalam bayangan semua orang Pasar Sambi ingin di renovasi, namun ternyata kenyataan di lapangan para pedagang masih nyaman dengan kondisi pasar dan hanya ingin perbaikan pengelolaan sampah.

Lebih lanjut, Dhito mengatakan, seperti UMKM yang belum tahu cara produksi cara kemasan dan pemasaran yang baik. “Artinya UMKM sudah banyak, tapi belum terfasilitasi dengan baik. Jadi disinilah fungsi dari karang taruna, untuk mengelola desanya masing-masing," tandasnya.

Sedangkan di sektor pariwisata, hampir semua daerah di wilayah Kabupaten Kediri mempunyai destinasi wisata, namun problemnya adalah fasilitas yang kurang menunjang dengan adanya tempat wisata, yakni akses jalan.

Baca Juga : Enam Komunitas di Banyuwangi Komitmen All Out Menangkan Pasangan Calon Yuriz

Jadi hal-hal seperti itu tidak bisa dimonitor di kantor, karena perlu dialog langsung dengan masyarakat yang menghadapi persoalan di lapangan.

Selain blusukan ke pasar Calon Bupati Kediri juga  melakukan pelepasan secara simbolis benih ikan, di kolam budidaya pembesaran, Dusun Dilem, Desa Ringinrejo Kabupaten Kediri.