Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Cegah Peningkatan Penyebaran Virus, Satgas Covid-19 Probolinggo Sarankan Berlibur di Rumah

Penulis : Bilhaq Nazal - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

28 - Oct - 2020, 13:51

Placeholder
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Dewi Vironica (Foto: Bilhaq Nazal/ ProbolinggoTimes)

Yang ditunggu telah tiba, libur panjang akan manjakan setiap orang selama 5 hari ke depan. Tak terkecuali bagi masyarakat Probobolinggo. Destinasi wisata dan pusat keramaian lainnya dipastikan akan dipadati pengunjung.

Dampak dari libur panjang tersebut, diprediksi akan menjadi faktor masifnya penyebaran Covid-19 lagi. Oleh karenanya, Juru Bicara (Jubir) Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Dewi Vironica menyarankan untuk lebih baik berlibur di rumah saja.

Baca Juga : 3 Kasus Baru Covid-19 Kabupaten Malang Beriringan dengan 3 Pasien Sembuh

“Menghabiskan liburan di rumah merupakan pilihan paling aman. Jika tidak ingin ribet dan tetap aman, ya di rumah saja. Utamakan kesehatan dan keselamatan diri dan keluarga,” ujar wanita yang kerab disapa Viro tersebut.

Menurut Viro, resiko sakit setelah liburan meningkat karena beberapa hal. Di antaranya karena kelelahan dan kurang istirahat. Kemudian interaksi dengan banyak orang, sehingga mudah terjadi transmisi virus.

Kontak dengan benda-benda umum yang mungkin terkontaminasi virus. Serta, perubahan iklim secara tidak menentu dalam beberapa hari ini.

“Saya menyarankan segera monitor gejala sakit saat atau setelah kembali dari bepergian. Sebagai bentuk antisipasi dini kesehatan,” tegasnya.

Baca Juga : 4.562 Orang Lakukan Swab Test di Kota Batu, Hasilnya 527 Orang Dinyatakan Positif

Viro menjelaskan, kontak fisik secara langsung dengan orang lain atau kerabat yang tidak serumah, berpotensi menjadi faktor penyebaran virus Covid-19. “Berlibur kemanapun tetap akan berisiko, apalagi saat musin hujan akan sulit mencari tempat outdoor,” pungkasnya.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bilhaq Nazal

Editor

Sri Kurnia Mahiruni