Ini Dia 22 Artefak Rasulullah SAW dan Sahabat yang Dipajang di Museum Kota Probolinggo | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Ini Dia 22 Artefak Rasulullah SAW dan Sahabat yang Dipajang di Museum Kota Probolinggo

Oct 27, 2020 17:07
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi (kanan) saat menunjukkan koleksi artefak peninggalan Rasulullah SAW dan sahabat kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (putih) dan rombongan pada (19/8/2020) lalu.
Wali Kota Probolinggo Habib Hadi (kanan) saat menunjukkan koleksi artefak peninggalan Rasulullah SAW dan sahabat kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (putih) dan rombongan pada (19/8/2020) lalu.

Upaya rekonstruksi Museum Rasulullah oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dinilai sangat berhasil dalam menarik minat pengunjung.

Sejak diresmikan Kamis (22/10/2020) lalu, museum ini sudah menjadi kawasan favorit warga setempat maupun luar daerah untuk berkunjung. Tak tanggung-tanggung, jumlah pengunjung yang datang mencapai ribuan orang setiap hari.

Baca Juga : Cuti Bersama, Pelayanan Satlantas Polres Malang Ditutup

Habib Hadi mengatakan ada sekitar 3.000 pengunjung dari berbagai daerah yang rela antre panjang untuk datang ke museum dan menyaksikan secara langsung peninggalan Rasulullah SAW itu. "Ada 3.000 orang yang mau hadir. Setiap hari panitia menyediakan 9 sesi. Tiap sesi hari 40 orang," ujarnya.

Menurut Habib Hadi, barang peninggalan sejarah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya menjadi berkah bagi Kota Probolinggo. Dia meyakinkan bahwa koleksi yang ada di dalam museum itu bukan barang seperti lainnya. "Sehingga museum ini diberi nama Museum Rasulullah SAW," katanya.

"Museum ini adalah anugerah untuk Kota Probolinggo hingga barang-barang tersebut bisa sampai di kota ini," katanya sambil berpesan agar museum dan isinya bisa dijaga dengan baik.

Ada sekitar 22 artefak Rasulullah dan sahabat yang dipajang di museum tersebut. Di antaranya adalah rambut dan janggut Rasulullah, ekstrak keringat Rasulullah, darah bekam Rasulullah, tongkat dan cemeti Rasulullah, surban dan terompah Rasulullah, tempat air minum Rasulullah, kiswah penutup makam Rasulullah, kunci dan tanah makam Rasulullah, cetak tapak kaki Rasulullah, celak Siti Khadijah, tongkat Imam Maliki, pedang Khalid bin Walid. Juga pedang Muhammad Al Fatih, baju perang zaman Ustmani, Bati Sijjil dan cap stampel, wadah air Zam-Zam dan penghangat susu, permadani ruadhah, kiswah penutup Kakbah (dinding luar), kiswah penutup pintu taubah, kiswah dalam Kakbah merah, batu meteorit dan yang terakhir adalah batu dan kunci dinding Kakbah.

Operasional Museum Rasulullah menerapkan protokol kesehatan. Antara lain semua pengunjung wajib bermasker, diukur suhu badan, mencuci tangan sebelum masuk museum, dan ada pembatasan jumlah pengunjung.

Baca Juga : Cuti Bersama, Pelayanan Satlantas Polres Malang Ditutup

Secara teknis, setiap hari museum dibuka selama 9 sesi. Satu sesi selama 30 menit untuk 40 pengunjung. Pengunjung yang rentan seperti anak-anak untuk sementara dilarang masuk.

Museum Rasulullah ini berjarak sekitar 0,75 kilometer dari Alun-Alun Kota Probolinggo (ke barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
rekonstruksi Museum Sejarah Nabi

Berita Lainnya