Pelatihan jurnalistik yang diikuti oleh PAC  Fatayat se-Kabupaten Madiun.
Pelatihan jurnalistik yang diikuti oleh PAC Fatayat se-Kabupaten Madiun.

PC Fatayat NU Kabupaten Madiun menggelar Madrasah Jurnalistik pada Sabtu (24/10/2020). Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan PAC Fatayat NU se-Kabupaten Madiun dan PC IPPNU Kabupaten Madiun ini diselenggarakan di situs muktamar NU ke-17 yang menjadi aula musyawarah ranting NU Desa Pagotan.

Pelatihan ini menghadirkan pemateri dari NU Online Jawa Timur Romza. Peserta diberi materi mulai dari  teknik reportase, unsur dan struktur naskah berita, hingga teknik penulisan berita.

Baca Juga : Medali KSN Kemendikbud 2020 Diborong Provinsi Jatim dan MAN 2 Kota Malang

Pada sesi penugasan, peserta diberikan beberapa informasi untuk diolah menjadi sebuah berita. Sehingga mereka dapat mempraktikkan langsung materi yang didapat pada kegiatan tersebut.

“Pelatihan ini diselenggarakan untuk mencetak jurnalis muda Fatayat NU  Kabupaten Madiun yang professional dan militan,” kata Ummu Habibah, metua PC Fatayat NU Kab Madiun yang akrab dipanggil Mbak Ummu.

Selain itu, Ummu menuturkan bahwa Madrasah Jurnalistik bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM Fatayat NU di bidang jurnalistik sehingga mampu mensyiarkan islam rahmatan lil”alamiin melalui media.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh mantan Bupati Madiun H Muhtarom. Beliau berpesan agar kader Fatayat harus dapat berkarya di bidang menulis berita agar kegiatan-kegiatan NU, khususnya Fatayat, dapat dibaca oleh masyarakat luas. Dan, mengingat saat ini media online semakin eksis dibandingkan media cetak, Fatayat harus dapat ikut andil dalam mengisi berita di media online.

“Harapannya kader jurnalis Fatayat NU yang mengikuti Madrasah Jurnalistik mau secara konsisten mengembangkan ilmu dan pengetahuan yang didapat,” ujar Ummu.

Baca Juga : Insentif Guru Ngaji dan Madin Cair, PMII Siapkan Posko Pengaduan Jika Ada Pungli

Madrasah Jurnalistik PC Fatayat NU Kab Madiun ini diselenggarakan selama dua hari. Yang pertama pada Sabtu (24/10/2020) dan yang kedua akan dilaksanakan pada Sabtu (31/10/2020)