Rijanto, calon Bupati Blitar nomor urut 01
Rijanto, calon Bupati Blitar nomor urut 01

Hari Santri Nasional diperingati rutin di Indonesia setiap 22 Oktober. Memperingati momentum Hari Santri, calon Bupati Blitar nomor urut 01 Rijanto menegaskan santri memiliki peranan penting untuk kemajuan pembangunan di Indonesia sejak sebelum dan masa awal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Di momentum hari santri tahun ini, Rijanto juga mengingatkan kembali perjuangan para santri dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia kala itu. Ya, santri memiliki peran penting kemerdekaan Indonesia melalui resolusi jihad sampai melahirkan peristiwa heroik pada 10 November 1945.

Baca Juga : Membanggakan, Desa Prayungan di Bojonegoro Masuk Lima Besar PPID Award Jatim

“Resolusi jihad 22 Oktober 1945 adalah panggilan jiwa, sehingga santri hari ini dan masa yang akan datang harus mampu menjawab tantangan zaman,” ungkap Rijanto dilansir BLITARTIMES  dari akun Instagramnya @rijanto_blitar, Kamis (22/10/2020). 

Dikatakannya, perang bagi bangsa Indonesia saat ini belum selesai. Perang hari ini bukan lagi perang melawan penjajah, melainkan berjuang mengentaskan kemiskinan dan kesehatan, khususnya di saat pandemi. Dalam menjalankan perjuangan, para pemuda termasuk santri harus memiliki semangat dan tekad yang besar. 

Lebih dalam Rijanto mengajak santri era milenial untuk kreatif. Di antaranya berkontribusi aktif dalam bidang pembangunan dengan menjadi entrepreneur untuk mengembangkan sektor perekonomian. 

Baca Juga : Tiga Hari, Para Pegawai Pemkab Bangkalan Jadi Santri saat Ngantor

“Santri harus selalu mengambil peran strategis dan mendedikasikan diri untuk senantiasa siap berkorban dan memiliki kecintaan terhadap tanah air yang tinggi. Serta mampu mewujudkan kemandirian Indonesia dengan daya saing tinggi. Untuk itu santri harus lebih kreatif dan lahir enterprenuer-enterprenuer muda dari kalangan santri untuk menumbuh kembangkan ekomoni Umat. Selamat hari santri nasional, Santri Sehat, Indonesia Kuat,” pungkasnya.