Wakil Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan Khoirul Umam
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan Khoirul Umam

Momentum peringatan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober menjadi refleksi terhadap seluruh santri di Indonesia untuk terus meneladani Resolusi Jihad KH Hasyim Asy'ari.

Hal itu juga yang diserukan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan Khoirul Umam. Baginya, Hari Santri merupakan refleksi perjuangan dan seruan dari KH Hasyim Asy'ari untuk terus melakukan Resolusi Jihad perlawanan terhadap para penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan.

Baca Juga : Hadapi Aksi Demo Besok, Satlantas Polresta Malang Kota Siapkan Rekayasa Lalin

"Selamat Hari Santri Nasional 2020. Semoga para santri mampu meneladani semangat resolusi jihad KH Hasyim Asy'ari, bersama pada kiai para santri terdahulu," katanya  Selasa, (20/10/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai ketua Fraksi PKB DPRD Pamekasan itu mengatakan bahwa makna dari Resolusi Jihad yang diserukan oleh pendiri dan sesepuh Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari yakni untuk perjuangan mengusir siapapun yang hendak merusak NKRI. "Semangat untuk melawan penjajah tidak boleh kendor dalam situasi dan kondisi apapun,"tambahnya

Selain itu, santri menjadi garda terdepan dalam memerangi pandemi Covid-19 melanda Indonesia dengan cara terus aktif berkampanye dan menjadi contoh dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dengan tetap mematuhi 3 M dengan memakai masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan. "Santri menang melawan penjajah, santri menang melawan covid, santri sehat Indonesia kuat," tutupnya