BK DPRD Kab Blitar terima kunjungan BK DPRD Kab Semarang
BK DPRD Kab Blitar terima kunjungan BK DPRD Kab Semarang

 

Badan Kehormatan (BK) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menerima kunjungan BK DPRD Kabupaten Semarang, Selasa (20/10/2020). Kedatangan Wakil Rakyat dari Semarang dalam rangka Sharing untuk meningkatkan kinerja lembaga Badan Kehormatan. 

Rombongan kunker dari DPRD Kabupaten Semarang yang dipimpin Agus Budiyono diterima Ketua BK DPRD Kabupaten Blitar Siti Yulaikah. Menurut Yulaikah, kedatangan BK DPRD Kabupaten Semarang untuk Sharing informasi tentang kewajiban-kewajiban BK selaku pengawas internal anggota dewan. Sharing utamanya dalam penegakan disiplin anggota dewan yang melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pelayan masyarakat.

Baca Juga : Problem Sampah dan Limbah, Cabup Sanusi: Tidak Perlu Tunggu Jadi, Selesai Kampanye Kami Benahi

“Tak hanya pengawasan anggota dewan, di forum ini kita juga Sharing terkait tugas dan fungsi BK sebagai penjaga dan meningkatkan koordinasi untuk sama-sama saling menjaga disiplin di lembaga legislatif,” ungkap Siti Yulaikah.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menambahkan, BK memiliki kode etik dan hak untuk pengawasan terhadap anggota Dewan. Di antaranya dalam penegakan disiplin dan kinerja. Di mana jika ada ditemukan permasalahan maupun pengaduan wajib untuk ditindak lanjuti sesuai fakta dan bisa dipertanggungjawabkan. 

“Moralitas anggota DPRD Kabupaten Blitar cukup baik. Ini dibuktikan dengan selama ini anggota DPRD Kabupaten Blitar tidak berkelakuan buruk hingga menyebabkan permasalahan. Contohnya saat rapat paripurna, kehadiran anggota dewan hingga 80% lebih,” paparnya. 

Dikatakannya, BK mempunyai tugas meneliti dugaan pelanggaran yang dilakukan Pimpinan atau anggota DPRD terhadap Sumpah atau Janji, Tata Tertib dan Kode Etik. Disamping itu BK juga melakukan penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi atas pengaduan Pimpinan DPRD, Anggota DPRD dan masyarakat.

“Di sini kami juga memiliki tugas untuk melaporkan keputusan Badan Kehormatan atas hasil penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi dalam rapat paripurna DPRD. Serta  merehabilitasi nama Pimpinan atau Anggota yang terbukti tidak bersalah,” jlentrehnya. 

Baca Juga : KPU Kabupaten Malang Tetapkan 2.003.608 Pemilih, Perempuan Lebih Banyak

Ditemui di kesempatan yang sama, Ketua BK DPRD Kabupaten Semarang, Agus Budiyono berharap kunjungan kerja ke Kabupaten Blitar dapat menambah pengalaman dan wawasan anggota BK DPRD Kabupaten Semarang. Kunjungan ini juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik dan hubungan kerja dengan DPRD Kabupaten Blitar. 

Di kesempatan ini Agus juga menegaskan, Badan Kehormatan memiliki peran sangat penting dalam kelembagaan DPRD. Ya, BK selaku bagian dari alat kelengkapan DPRD ini harus memiliki keahlian dan kemampuan strategis dalam melaksanakan tugas dan fungsi kelembagaan, sehingga mampu dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih sesuai dengan aturan dan perundang-undangan.

“Tentunya kami berharap adanya kunker ini bisa menambah wawasan dan pengalaman dari angota DPRD Kabupaten Semarang. Begitupun sebaliknya dengan DPRD Kabupaten Blitar. Semoga kunker ini bernilai manfaat untuk kami dan kinerja  Badan Kehormatan di lembaga kami semakin baik sesuai dengan tugas dan fungsinya, ” pungkasnya.