Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat di masa Pandemi Covid-19 di di Puskesmas Kedungkandang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat di masa Pandemi Covid-19 di di Puskesmas Kedungkandang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

Pandemi covid-19 membuat segala aktivitas harus dilalui dengan pembatasan dan pengetatan. Hal itu dilakukan untuk meminimalisasi penyebaran penularan virus.

Masa pandemi ini juga membawa banyak perubahan dalam layanan kesehatan di Kota Malang. Akses tatap muka yang bisa kapan saja dilakukan oleh pasien kini harus dibatasi.

Baca Juga : Jangan Sembrono! Pakai Masker Juga Bisa Merugikan

Sebisa-bisanya pasien dianjurkan melakukan konsultasi kesehatan melalui virtual apabila tak begitu banyak mengalami keluhan.

Belum lagi layanan bagi balita, ibu hamil, dan lansia yang semestinya dan harus rutin memeriksakan diri untuk memantau kondisi tubuhnya agar tetap terjaga dan jauh dari paparan penyakit.

Lantas, seperti apa pendapat masyarakat di Kota Malang saat mengakses fasilitas kesehatan tingkat pratama (FKTP) di masa pandemi covid-19?

MalangTIMES telah melakukan survei kepada masyarakat Kota Malang berkaitan dengan indeks kepuasan mereka dalam mengakses layanan kesehatan. Dari beberapa sampling yang diambil, sebagian besar menyatakan lebih merasa nyaman mengakses layanan kesehatan saat pandemi covid-19 meski dalam akses menuju area pemeriksaan di puskesmas, mereka harus dan wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Hanya, di balik sistem yang telah ketat ini, sebagian dari mereka masih merasakan kekhawatiran. Yakni menganggap penyebaran penyakit lebih banyak dan cepat tertular dalam layanan kesehatan.

Baca Juga : Keren, Mahasiswa Malang ini Ciptakan Desain Grafis Masker Unik

Menyikapi hal itu, strategi apa saja yang disiapkan oleh fasilitas kesehatan, dalam hal ini puskesmas-puskesmas di Kota Malang, dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjungnya?

Kami akan mengulas satu per satu puskesmas dalam membuka layanan kesehatan bagi masyarakat di masa pandemi covid ini. Mulai proses skrining, layanan sistem antrean, hingga ke pemeriksaan. Seperti apa? Nantikan ulasan berikutnya.