Suasana kegiatan sapa warga oleh Machfud Arifin di rusun kawasan Menanggal, Surabaya. (Foto: Dokumen JatimTIMES)
Suasana kegiatan sapa warga oleh Machfud Arifin di rusun kawasan Menanggal, Surabaya. (Foto: Dokumen JatimTIMES)

Fasilitas rusun hak milik di kawasan Menanggal, Surabaya Selatan dinilai masih kurang memadai. Salah satunya yakni tidak adanya elevator atau lift yang menunjang aktivitas penghuni rusun. 

Padahal, bangunan tersebut lebih dari tiga lantai yang artinya akan menyulitkan lansia atau anak-anak untuk naik atau turun dari lantai atas ke lantai dasar.

Baca Juga : Dugaan Fahri Hamzah Soal UU Cipta Kerja yang Adopsi Sistem Perekonomian China

Machfud Arifin prihatin dengan kondisi itu. Calon wali kota Surabaya nomor urut 02 itu bertekad akan membenahi kondisi rumah susun saat ia terpilih menjadi wali kota nanti.

”Mau tidak mau, hunian vertikal harus memiliki lift agar warga nyaman, toh lift juga tidak mahal saat ini,” katanya. 

”Bukan hanya yang tua, orang sakit atau meninggal akan kesulitan jika tinggal di lantai atas dan tidak ada lift,” lanjutnya.

Rusun Cipta Menanggal adalah salah satu kompleks rusun terbesar di Surabaya. Terdiri dari 14 RT, rusun ini terdiri di atas tanah 14 hektare.

Machfud Arifin mengaku sudah memiliki gambaran bagaimana revitalisasi dilakukan. Tower-tower apartemen bisa dibuat lebih tinggi. 

Penghuni lama tidak perlu pindah, ada penghuni baru yang membeli unit apartemen. Dengan tower yang lebih tinggi, apartemen bisa diwujudkan. Pun demikian halnya dengan ruang terbuka untuk publik yang lebih luas.

Baca Juga : Hotman Paris Pelajari Draft UU Cipta Kerja, Temukan Poin-Poin Ini

”Rusun akan kita tinggikan dan dikasih lift, kita bisa menggandeng pihak ketiga, ini bisa dieksekusi,” tegasnya.

Dalam acara sapa warga itu, Machfud juga prihatin dengan kondisi PAUD. Taman belajar yang ada di balai RW itu langit-langitnya mau ambrol. Itu tentu saja membahayakan anak-anak yang belajar di sana.

”Saya menganggarkan Rp 150 juta untuk RT, dananya nanti bisa digunakan untuk merenovasi yang seperti ini,” ucapnya.