Aksi 1310 di sekitar Patung Kuda, Jakarta (Foto: Viva)
Aksi 1310 di sekitar Patung Kuda, Jakarta (Foto: Viva)

Sederet Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) telah menggelar aksi unjuk rasa tolak UU Cipta Kerja pada Selasa (13/10/2020).  Aksi 1310 itu digelar di kawasan Patung Kuda, Jakarta pada pukul 13.00 WIB.

Massa ormas tersebut terdiri dari Persaudaraan Alumni (PA) 212, Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama dan puluhan ormas lainnya yang disebut Aliansi Nasional Anti Komunis Negara Kesatuan Republik Indonesia (ANAK NKRI). Namun, aksi 1310 itu rupanya tak mendapatkan respons dari pemerintahan.  

Baca Juga : Jadi Trending Topik, Benarkah Ada Penjarahan di Thamrin City? Ini Faktanya

Terkait hal ini, Wasekjen Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin melontarkan ancaman jika ANAK NKRI bisa saja melakukan aksi lanjutan.  "Bisa saja ada aksi lanjutan," ujar Novel.

Sayangnya, Novel belum mengetahui kapan aksi lanjutan itu akan digelar. Diketahui ANAK NKRI telah bersuara menolak UU Ciptaker sejak februari 2020 lalu.  "ANAK NKRI yang sudah melakukan aksi sejak Februari lalu, tidak diindahkan aspirasinya. Tidak ada diajak dialog oleh DPR atau petinggi yang berkompeten," cetusnya.

Menurut Novel, massa yang datang di aksi 1310 kemarin melebihi target yang ditetapkan.  Diketahui, mereka menargetkan massa yang akan datang sekitar 10 ribu orang, namun nyatanya membengkak 100 ribu orang.  "Aksi ini juga dilaksanakan di berbagai daerah. Namun yang hadir khusus di DKI saja jadi membeludak," ujarnya.