Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Sumbang Pendapatan Desa Rp 100 Juta, Bumdes Bhinor Energi Probolinggo Diberi Penghargaan Gubernur Jatim

Penulis : Imron Maulana - Editor : A Yahya

13 - Oct - 2020, 20:10

Placeholder
Pemberian piagam pernghargaan oleh Gubernur Jawa Timur (kiri) kepada kepala desa Bhinor atas prestasinya. (Foto: Dimas/Probolinggotimes)

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bhinor Energi yang berada di desa Bhinor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dinobatkan sebagai BUMDes terbaik II di tingkat Jawa Timur oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Prestasi yang diraih Bumdes Bhiner itupun diapresiasi Pemkab Probolinggo. “Kami bangga atas semangat dan inovasi Kepala Desa Bhinor dan personel BUMDesnya. Prestasi Desa Bhinor berhasil mengharumkan nama baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo, Edy Suryabto.

Baca Juga : Hujan Tiga Hari Guyur Probolinggo, Panen Tembakau Tak Maksimal

Edy juga menyampaikan pesan Ibu , serta tipsnya dalam membangun kemandirian Desa. "Jika ingin membuat gelombang besar maka harus bergerak bersama dan selalu Koordinasi Integrasi Sinkronisasi dan Sinergi (Kiss) semua pihak," ujarnya.

Menurut Edy, tujuan akhir adalah kemandirian desa dan itu harus diawali dengan semangat, kebersamaan, kesadaran dan kebangkitan.

Untuk diketahui, penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Kepala Desa Bhinor, Hostifawati. Penghargaan diberikan pada peringatan Hari Jadi ke-75 Provinsi Jawa Timur tahun 2020, Senin (12/10/2020) lalu, di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Terpisah, Hostifawati menyampaikan rasa bangganya atas prestasi BUMDesnya, menurutnya hal itu tidak lepas hasil jerih payahnya bersama segenap elemen masyarakat. Yaknis sejak 2016 BUMDes Bhinor Energi memulai pembangunannya dari kantin desa, sampai pengembangan wisata dan sumber daya manusianya. “Prestasi ini adalah hasil kerja keras kami semua dan pasti akan menambah semangat kami untuk menjadi lebih bermanfaat bagi desa,”

Baca Juga : Simpang Siur Regulasi Pupuk Subsidi di Probolinggo Membuat Petani Kebingungan

Hostifawati melanjutkan, keberhasilan BUMDesnya tidak lepas dari pengelolaan administrasi yang baik dan ragam produk UMKM yang terintegrasi langsung dengan sektor Wisata.

Pada tahun 2019, BUMDes Bhinor Energi mulai menyumbang Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar Rp 100 juta. Begitu juga di tahun 2020, meskipun usaha yang ada juga terdampak pandemi COVID-19. Namun, pihaknya tetap berupaya menyiapkan PAD dengan jumlah yang sama.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imron Maulana

Editor

A Yahya