Pengumuman lomba video kreatif dan karikatur. (Foto: Dinas Pariwisata Kota Batu)
Pengumuman lomba video kreatif dan karikatur. (Foto: Dinas Pariwisata Kota Batu)

Beragam upaya dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu untuk mempromosikan pariwisata di Kota Batu. Kali ini yang dilakukan Dinas Pariwisata Kota Batu dengan cara meggelar perlombaan yang disampaikan melalui video kreatif dan karikatur. 

Bagi yang  hobi dengan membuat video maupun karikatur, yuk tuangkan ide dan kreativitas kalian dalam perlombaan ini. Pendaftaran dibuka pada 14-18 Oktober 2020 mendatang. 

Baca Juga : Bila Ada Tempat Uji Kir Kota Batu, Bisa Sumbang Retribusi Capai Rp 1,4 Miliar

Pengiriman batas terakhir karya pada 10 November pukul 18.00 WIB. Dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 17 November 2020. 

Pendaftaran dan pengumpulan hasil karya melalui online bisa submit ke [email protected] melalui google drive. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang pembinaan dan piala.

Yang tertarik atau penasaran dengan perlombaan ini bisa bertanya-tanya dahulu melalui dua contact person. Yakni, Lukik dengan nomor 081330001911 dan Della di nomor 082257057252.

Ada tata cara pelaksanaan bagi mereka yang mengikuti perlombaan ini. Di antaranya, peserta wajib memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Lalu peserta adalah warga negera Indonesia.

Tiap peserta hanya dapat mengirim satu karya konten kreatif, yang belum pernah dipublikasi sebelumnya. Kemudian karya harus orisinal dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai.

Karya yang telah disubmit berhak digunakan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu kepentingan publikasi dan promosi tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dinas Pariwisata Kota Batu juga dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga dan konsekuensi hukum atas karya yang dikirimkan.

Apabila di kemudian hari ditemukan pelanggaran atas ketentuan di atas, maka dewan juri berhak melakukan diskualifikasi dan membuat ketentuan lebih lanjut. 

Proses pengambilan gambar dan pembuatan konten dapat dilakukan secara mandiri dan dikumpulkan secara online maksimal 6 November 2020 melalui google drive [email protected]

Untuk karya karikatur, file asli dikirim ke alamat di atas. Pengumuman lomba akan dilakukan melalui media online resmi Dinas Pariwisata Kota Batu. Kuota peserta 50 orang lomba video kreatif dan 50 orang untuk karikatur.

Lomba video kreatif dan karikatur harus sesuai dengan tema “KWB SAFE TOURISM” dan memasukkan unsur protokol kesehatan. 

Baca Juga : Kondisi Pandemi Covid-19, Pajak Daerah Kabupaten Malang Raup Penghasilan Rp 198,4 Miliar

Sedangkan untuk kriteria teknis video kreatif, rinciannya video memiliki resolusi HD 1080P (16:9) dengan format .MP4. Durasi video adalah 1 sampai 3 menit. Dan bebas menggunakan kamera atau alat apa saja.

Kategori video kreatif yakni video kreatif pariwisata. Dan kriteria teknis karikatur berukuran minimal A4, gambar dibuat secara digital (photoshop, corel, dan sebagainya), dan gambar berwarna.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan, adanya lomba ini, selain untuk mempromosikan pariwisata di Kota Batu, juga memberikan wadah bagi mereka yang memiliki kemampuan maupun hobi video dan karikatur.

“Selain untuk mempromosikan juga menyalurkan kemampuannya untuk ikut berkompetisi ini dengan memanfaatkan inovasi yang dimiliki,” ucapnya, Selasa (13/10/2020).

Ia menambahkan, perlombaan ini memang diprioritaskan bagi warga Kota Batu, namun juga dibuka untuk seluruh daerah lainnya yang ingin menyalurkan bakatnya. “Prioritas warga Kota Batu, tapi tidak menutup kemungkinan dari luar,” tambah mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup ini.

Dengan adanya perlombaan ini,  peserta bisa memanfaatkan beragam potensi daya tarik wisata di Kota Batu. Mengingat di Kota Batu banyak wisata menarik yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal.