Pengecekan kelayakan kendaraan bermotor di Mapolres Trenggalek
Pengecekan kelayakan kendaraan bermotor di Mapolres Trenggalek

Pastikan kelayakan seluruh perangkat dalam upaya pengamanan Kabupaten Trenggalek, Satlantas Polres Trenggalek menggelar apel besar kendaraan operasional.

Puluhan kendaraan dinas, baik roda empat maupun roda dua, disiapkan di halaman Mapolres Trenggalek untuk dilakukan pengecekan. Tidak hanya itu, kesiapan pengemudinya juga tidak luput dari pantauan.

Baca Juga : Antisipasi Rusuh Pilkada, Polres Ngawi Cek Kesiapan Peralatan Pengendalian Massa

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, menerangkan, bahwa pemeriksaan kendaraan bermotor dilakukan untuk memastikan kelayakan seluruh kendaraan di Mapolres Trenggalek.

"Kelayakan mobilitas ini sangat penting, karena untuk mendukung sarana dan prasarana (sarpras) tugas kepolisian selaku penanggung jawab bidang Kamtibmas di wilayah," ungkap Imam, Senin (12/10/2020).

Lanjutnya, pengecekan kendaraan bermotor meliputi mesin, rotator, ban, rem hingga surat-surat kendaraan hingga alat kelengkapan keselamatan.

Imam juga menuturkan, bahwa selain untuk pengamanan, Satlantas juga dilibatkan dalam proses pengamanan Pilkada serentak di Kabupaten Trenggalek. Oleh karena itu, seluruh kendaraan operasional Satlantas harus ready for use.

"Jadi, saat dibutuhkan tidak ada lagi alasan kendaraan rusak, macet atau mogok," tegasnya.

Selain kendaraan, pihaknya juga mengecek kesiapan personel berikut perlengkapan perorangan yang menyertai dan wajib dibawa oleh setiap personel.

Baca Juga : Angkut 9 Penumpang, Bagong Terguling setelah Gagal Salip Pikap

“Setiap petugas diwajibkan mempersiapkan diri dengan baik. Sehingga meski terkendala apapun termasuk cuaca tetap bisa bertugas seperti biasa. Demikian pula saat terjadi bencana, bisa digerakkan langsung untuk perbantuan personel," jelasnya.

Imam juga berpesan, demi keamanan dan keselamatan anggota saat bertugas di tengah pandemi Covid-19, pihaknya meminta kepada jajarannya untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

"Dari hasil keseluruhan pemeriksaan, baik anggota maupun kendaraan dinas semua dalam kondisi baik dan layak pakai," pungkasnya.