Petugas puskesmas lakukan rapid test terhadap  pegawai Kecamatan Ngantru / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Petugas puskesmas lakukan rapid test terhadap pegawai Kecamatan Ngantru / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran corona virus disease (covid-19) dilakukan seluruh pegawai di Kecamatan Ngantru, ,Kabupaten Tulungagung. Caranya, mereka melakukan rapid test Rabu  (07/10/2020).

Camat Ngantru Dwi Hari Subagyo mengatakan, pegawai di kecamatan merupakan petugas pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, masyarakat perlu mengetahui tingkat kesehatan para pegawai kecamatan.

Baca Juga : Berpelukan, Kasat Sabhara dan Kapolres Blitar Akhirnya Berdamai

"Rapid dilakukan oleh petugas Puskesmas Ngantru. Kami harapkan para ASN dan pegawai yang ada ini perlu diketahui kesehatannya di masa pandemi ini," ucapnya.

Satu per satu pegawai yang terdiri dari 21 ASN dan 2 petugas kebersihan diambil sampel darahnya dan oleh petugas. Lalu darah itu diperiksa dengan alat rapid yang telah disediakan.

Tampak reaksi yang berbeda-beda ditunjukkan oleh para pegawai. Ada yang terlihat santai dan ada yang sedikit tegang ketika antre untuk mengetahui hasil rapid apakah negatif atau positif. "Alhamdulillah, semua terkonfirmasi non-reaktif," kata Dwi Hari.

Dengan hasil ini, camat Ngantru mengatakan para pegawai semakin optimistis dalam memberikan pelayanan prima dan bekerja dengan rasa aman. "Untuk pelayanan dan suasana kerja tetap menggunakan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, cuci tangan, aga jarak, dan menyediakan hand sanitizer," terangnya.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, Dwi Hari memastikan dilakukan atas inisiatif bersama dan menindaklanjuti instruksi dari pimpinan atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung. "Sudah ada instruksi begitu. Kami  melaksanakan ini secara mandiri," jelasnya.

Baca Juga : Peserta Tes CPNS Positif Covid-19, Pemprov Jatim Tetap Beri Fasilitas

Rapid test pegawai kecamatan ini baru dilakukan di Ngantru dari 19 kecamatan di Tulungagung.