Pengecekan Para Prajurit Bebas Narkoba dengan Test Urine (i.g korem_082)
Pengecekan Para Prajurit Bebas Narkoba dengan Test Urine (i.g korem_082)

Sebanyak 90 orang perwakilan anggota Korem 082/CPYJ dan Balak Jajaran Korem 082/CPYJ mengikuti tes urine, Selasa (29/09/2020) kemarin. Tes tersebut digelar untuk memastikan prajurit Korem 082/CPYJ Mojokerto bebas narkoba.

Pasi Intel Korem 082/CPYJ Kapten Inf Suswanto mengatakan bahwa tes ini merupakan bagian dari Kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Baca Juga : Hingga Agustus, Klaim Biaya Penanganan Covid-19 di Malang Capai  Rp 24 Miliar

 

“Kegiatan ini merupakan bentuk pengawasan melekat terhadap anggota Korem yang merupakan satuan kewilayahan,” tuturnya. 

Tes tersebut bertempat di Pendopo Griya Paramitra Cikaran Kota Mojokerto. Selain tes urine, para anggota juga mendapat materi P4GN dari narasumber Letkol CKM Purwito. 

Suswanto menyebut, tes ini sangat penting agar prajurit benar-benar bersih dari narkoba. Selain itu, mereka juga yang berinteraksi langsung dengan masyarakat. 

“Sehingga sehari-hari para prajurit yang bertugas di wilayah binaannya berbaur dengan masyarakat. Salah satu tujuan dilaksanakan P4GN ini adalah agar Satuan Komando Wilayah (Satkowil) memiliki daya tangkal yang kuat terhadap bahaya peredaran narkoba,” tegasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Komandan Korem 082/CPYJ Kolonel Inf M. Dariyanto mengatakan bahwa kegiatan P4GN ini sebagai pengawasan berkala setiap triwulan. Selain itu juga sebagai bekal untuk membentengi diri dari bahaya narkoba.  

Baca Juga : Hari Jantung Sedunia, Kenali Penyebab Utama Gejala Penyakit Jantung

 

Terlebih, lanjut Dariyanto, sebagai anggota TNI sudah seharusnya dapat menjadi contoh oleh masyarakat di sekitarnya. "Bagi anggota TNI, setiap pelanggaran penyalahgunaan narkoba akan mendapatkan hukuman yang tegas sampai dengan pemecatan. Saya meminta agar seluruh anggota Korem 082/CPYJ  tidak terlibat dengan penyalahgunaan narkoba,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa selain kegiatan sosialisasi P4GN, anggota yang hadir dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan tes urine untuk memastikan anggota Korem 082/CPYJ tidak ada yang menggunakan narkoba. 

“Tes urine yang kita laksanakan bukan hanya anggota Korem saja, tetapi dilaksanakan juga di seluruh Kodim dan Balak yang ada di wilayah Korem 082/ CPYJ,” pungkasnya.