Camat Rejotangan berama Kepala Desa Banjarejo dan sejumlah perangkat dapat pembinaan / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES
Camat Rejotangan berama Kepala Desa Banjarejo dan sejumlah perangkat dapat pembinaan / Foto : Istimewa / Tulungagung TIMES

Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung melaksanakan pembinaan aparatur desanya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara mengumpulkan para perangkat di kantor desa, Rabu (30/09/2020).

Pembinaan kepada aparatur desa ini didasarkan pada ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa pasal 154 ayat 1 yakni camat sebagai pimpinan wilayah melaksanakan pembinaan dan pengawasan desa antara lain dengan memberikan fasilitasi administrasi tata pemerintahan desa dan fasilitasi pelaksanaan tugas kepala desa dan perangkat desa.

Baca Juga : Pusat Data Terpadu Pemkot Malang Ditarget Rampung Dua Tahun

“Tim Pembinaan Aparatur Desa yang diketuai langsung oleh Camat Rejotangan bersama para kasi turun ke bawah (turba) melaksanakan pembinaan di masing-masing desa,” ujar Zainuddin Jawahir, Kepala Desa Banjarejo.

Seperti biasanya, tim kecamatan menyampaikan dan memberikan arahan kepada aparatur desa untuk lebih memahami tupoksi sebagai perangkat desa sesuai dengan jabatan di struktur pemerintahan desa.

“Kepala desa dan perangkat diharapkan lebih respons terhadap segala permasalahan yang muncul di masyarakat terutama tentang pelayanan publik. Selain itu, meningkatkan kepedulian sosial bagi masyarakat dan memahami karakteristiknya,” terangnya.

Dengan pembinaan itu, Zaenuddin berharap kepada segenap aparatur desanya untuk betul-betul mampu melaksanakan segala tanggung jawabnya sebagai perangkat desa.

“Pengelolaan anggaran baik dana desa (DD) dan bantuan lain kita harapkan lebih transparan, dapat dipertanggungjawabkan dan tidak berlaku koruptif,” tegas Zainuddin.

Kepala desa yang dikenal berani ini juga akan tetap memberi contoh kedisiplinan dalam melayani masyarakat, dengan itu diharapkan perangkat lainnya akan bekerja dengan ikhlas dan jujur.

Baca Juga : Sehari Setelah Dilantik, Pjs Bupati Malang Tinjau Pendopo Kabupaten Malang Bersama Sekda

"Untuk membangun desa mandiri diperlukan koordinasi antar lembaga desa serta peran masing-masing," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Rejotangan Agus Santoso dalam pemaparannya mengingatkan agar aparatur desa kembali mengutamakan mutu pelayanan desa. Dirinya mewajibkan semua perangkat desa disiplin jam kantor yakni mulai jam 08.00 sampai jam 13.00 wib.

Selain dihadiri oleh perangkat desa, kegiatan itu juga menghadirkan lembaga desa seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), ketua RT dan RW serta karang taruna.